Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masih Ada Pemilih Ganda di Tanjungpinang, Bawaslu Minta KPU Lebih Cermat
Oleh : Habibi Khasim
Selasa | 11-09-2018 | 09:16 WIB
m-zaini.jpg Honda-Batam
Ketua Bawaslu Tanjungpinang, Muhammad Zaini. (Foto: Habibi Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang baru-baru ini melakukan pengecekan dan verifikasi daftar pemilih tetap yang ada. Dari pertemuan dengan Badan Pengawas Pemilu dan sejumlah perwakilan Partai politik diketahui masih ada 28 pemilih ganda dalam daftar pemilih.

Untuk itu, Ketua Bawaslu Tanjungpijang, Mohamad Zaini mengimbau agar KPU bersama-sama dengan Partai politik kembali melakukan pencermatan terhadap DPT.

Zaini mengatakan, sesuai arahan Bawaslu RI, masih ada kesempatan tambahan pemilih baru yang telah memenuhi syarat tetapi belum masuk ke dalam DPT untuk dimasukkan ke dalam DPT 2019.

"Sehingga harapan kami Pemilu 2019 yang semakin berkualitas dan demokratis bisa terwujud mulai dari DPT. Karena DPT merupakan data penting dalam penyelenggaran Pemilu yang sangat berdampak terhadap semua tahapan, seperti logistik dan surat suara," kata Zaini, Selasa (11/9/2018).

Menurut Zaini, sejauh ini ditemukan sekitar 54 pemilih ganda di Tanjungpinang. Di mana, awalnya ada temuan sebanyak 26 pemilih, namun telah diverifikasi. Kemudian, baru-baru ini ditemukan kembali 28 pemilih ganda yang sedang diverifikasi oleh KPU.

"Kita harapkan yang sudah memenuhi syarat dan sudah bisa masuk, ya dimasukkan. Dan pemilih ganda juga dicermati kembali, takutnya masih ada," kata Zaini.

Sementara itu, Ketua KPU Tanjungpinang, Aswin Nasution mengaku, pihaknya memang telah dua kali mendapatkan temuan pemilih ganda. Senada dengan Zaini, temuan pertama berjumlah 26 pemilih dan yang kedua ada 28 pemilih.

"Yang 26 itu sudah diverifikasi dan nama yang ganda sudah dihapus, sekarang tinggal yang 28 ini akan segera kami tindaklanjuti," kata Aswin.

Editor: Gokli