Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BB Pelansir Solar Raib, Karyoto Tak Tahu
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Senin | 06-02-2012 | 11:25 WIB
Truk-solar.gif Honda-Batam

Salah satu barang bukti truk pelansir solar yang raib dari Mapolresta Barelang. (Foto: batamtoday).

BATAM, batamtoday - Hilangnya dua unit barang bukti berupa mobil pelansir solar dari Mapolresta Barelang ternyata tanpa sepengetahuan Kapolresta Barelang, Kombes Karyoto. 

Sebab ketika wartawan mengkorfirmasi langsung tentang raibnya barang bukti tersebut orang nomor satu di Polresta Barelang belum mendapatkan informasi itu dari anggotanya. 

"Saya tidak tahu masalah itu, tanyakan saja ke Kasat Reskrim langsung," kata Karyoto kepada wartawan, Senin (6/2/2012). 

Diberitakan sebelumnya, baru dua hari ditangkap oleh Satlantas Polresta Barelang, truk pelansir solar bersubsidi BP 8198 ZE yang dijadikan barang bukti sudah raib dari halaman Mapolresta Barelang pada Kamis (2/2/2012).  

Pantauan batamtoday, truk yang ditangkap pada Selasa (31/1/2012) di kawasan Dam Mukakuning itu sudah tak ada lagi di tempatnya, di belakang markas Satlantas Polresta Barelang.  

Saat coba ditelusuri ke berbagai sudut Mapolresta Barelang, truk tersebut juga tetap tak ditemukan berikut dengan 500 liter atau sekitar 15 jerigen solar bersubsidi yang diselewengkan.  

Selain itu, bukan hanya truk pelansir solar yang dikemudikan Novi saja raib namun melainkan juga truk pelansir solar Toyota Dyna warna merah bernomor polisi BP 9331 DY dengan muatan 700 liter solar yang dikemudikan sopir bernama Jannes Aritonang (36), warga Perumahan Bukit Sentosa Blok A/27 Tanjung Piayu dan ditangkap tim 2 Satreskrim Polresta Barelang di SPBU 14294737 Tanjung Piayu, Kamis (13/10/2011) sekitar pukul 12.00 WIB juga telah lenyap dari halaman Mapolresta Barelang.  

Informasi yang diperoleh, truk yang melansir solar dari SPBU milik Jahuin Hutajulu, anggota DPRD Batam itu telah menghilang sejak lima hari lalu padahal kasusnya belum dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Batam.  

Sementara itu, Kompol Yos Guntur selaku Kasat Reskrim Polresta Barelang saat dikonfirmasi terkait raibnya dua truk itu menyatakan kedua barang bukti masih ada di tempatnya.  

"Masih ada kok, termasuk sopirnya masih kita tahan," ujar Yos yakin.