Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hadiri Rakornas Bawaslu, Zaini Sebut Penyempurnaan DPT Jadi Fokus Utama
Oleh : Habibi Khasim
Senin | 10-09-2018 | 19:40 WIB
zaini-bawaslu-tpi.jpg Honda-Batam
Ketua Bawaslu Tanjungpinang, Muhammad Zaini. (Foto: Habibi Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemilihan umum 2019 semakin terasa dekat, karena tahapan demi tahapan telah dilakukan.

Badan Pengawas Pemilu pun tidak mau ketinggalan dalam menjalankan kewajibannya yang bertugas memastikan penyelenggaraan pesta demokrasi bisa berlangsung aman, tertib, dan tidak ada pelanggaran.

Ketua Bawaslu Tanjungpinang, Muhammad Zaini mengatakan hasil dari Rakornas yang dihadirinya, Bawaslu akan fokus kepada penyempurnaan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019.

"Penyempurnaan DPT memang jadi fokus kita dalam waktu dekat. Ketua Bawaslu RI meminta kami untuk lebih cermat dalam memastikan penyusunan DPT di Tanjungpinang sesuai dengan data dan fakta yang ada di lapangan. Maka dari itu, kami akan terus berkoordinasi dengan KPU," kata Zaini, Senin (10/9/2018).

Selain itu, dalam Rakornas tersebut, sambung Zaini, juga mulai dilakukan identifikasi tantangan, permasalahan dan kerawanan menyongsong Pemilu 2019. Namun, secara umum dan bercermin dari pelaksanaan Pilkada tahun ini, Zaini yakin pelaksanaan pesta demokrasi di Tanjungpinang bisa berlangsung tertib dan aman.

Dari sejumlah evaluasi yang telah dilakukan, segala kendala yang ada sudah ditandai dan akan dilangsungkan perbaikan kinerja ke depan agar tidak mencederai proses demokrasi dalam memilih wakil rakyat nanti.

"Untuk itu juga kami berharap koordinasi yang selama ini terbangun bersama KPU, kepolisian, Partai politik, dan juga masyarakat Tanjungpinang harus terus ditingkatkan. Kita semua berharap Pemilu 2019 di Tanjungpinang bisa berlangsung aman dan damai," kata Zaini.

Editor: Gokli