Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur Dukung Pembangunan Kawasan Industri Halal di Dompak
Oleh : Redaksi
Selasa | 04-09-2018 | 15:40 WIB
tanjungmoco-dompak1.jpg Honda-Batam
Kawasan Tanjung Moco Dompak. (Foto: Asiik3/Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun mendukung upaya Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (Free Trade Zone/FTZ) Kota Tanjungpinang membangun kawasan industri halal di Pulau Dompak.

"Ya, ini kabar baik, pasti kami mendukungnya agar menjadi kawasan industri halal," kata Gubernur Nurdin saat meninjau Pelabuhan Tanjung Moco, Senin (3/9/2018).

Gubernur Nurdin memiliki harapan yang besar untuk mengembangkan pelabuhan ini sehingga memiliki nilai tambah bagi masyarakat.

"Kami berupaya menjadikan pelabuhan ekspor dan impor. Ini akan diurus segera," kata gubernur yang didampingi Kepala BP FTZ Tanjungpinang Den Yealta,

Sementara itu, Den Yealta mengatakan, pihaknya menyediakan lahan di Pulau Dompak untuk pembangunan industri halal untuk menarik investasi.

"Lahan seluas 600 hektare untuk mengembangan industri halal. Lahan seluas 100 hektare di antaranta merupakan hibah dari PT Kemayan Bintan," ujarnya.

Menurut dia, sejumlah investor tertarik membangun industri halal di kawasan itu, salah satunya berasal dari Dubai. BP FTZ Tanjungpinang dalam waktu dekat akan mendorong investor tersebut mengunjungi kawasan industri halal tersebut.

"Kami sudah pernah mempromosikannya kepada pengusaha Dubai. Mereka tertarik. Kami akan mendorong mereka akan merealisasikan ketertarikannya tersebut," katanya.

Salah satu kendala dalam mengembangkan kawasan industri di Pulau Dompak yakni infrastruktur dasar seperti jalan, pelabuhan, air dan listrik. Persoalan ini, kata dia satu persatu sudah dicarikan solusikan.

"Butuh dukungan penuh dari pemerintah agar terealisasi, terutama untuk pembangunan jalan menuju Pelabuhan Moco," katanya.

Sumber: Diskominfo Kepri
Editor: Yudha