Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BIN Tegaskan Langkah Kabinda Riau Preventif
Oleh : Redaksi
Senin | 27-08-2018 | 11:52 WIB
bin-tegaskan1.jpg Honda-Batam
Direktur Komunikasi dan Informasi BIN, Wawan H. Purwanto. (Foto: Bravos)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pihak Kepolisian Daerah (Polda) Riau tidak memberikan ijin acara Tour Musik bertajuk "#2019GantiPresiden" termasuk tidak mengijinkan Neno Warisman yang akan orasi dalam acara tersebut. Oleh karenanya, BINDA (BIN Daerah) Riau dan aparat keamanan setempat wajib menegakkan aturan dan ketertiban di daerah tersebut.

Demikian ungkap Direktur Komunikasi dan Informasi Badan Intelijen Negara (BIN), Wawan Hari Purwanto dalam rilisnya yang diterima BATAMTODAY.COM, Senin (27/8/2018).

"Acara tersebut telah menuai pro kontra, dan tatkala ada pengajuan ijin bahwa Neno Warisman mau berkunjung dan memberikan orasi dalam acara musik tersebut, dan ternyata tidak mendapatkan ijin, maka BINDA dan aparat keamanan setempat wajib menjaga tegaknya wibawa aturan tersebut, Neno Warisman tetap tidak diperkenankan untuk menghadiri acara tersebut. Hal ini adalah langkah antisipasi agar tidak terjadi bentrokan dengan masyarakat yang menolak kehadiran Neno," tutur Wawan Hari Purwanto dalam rilisnya.

Menurut Wawan, KABINDA (Kepala BIN Daerah) Riau selaku penanggung jawab Kominda (Komite Intelijen Daerah) menjadi pihak yang harus berada di garis depan guna mengambil langkah preventif agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Imbauan untuk kembali ke Jakarta terhadap Neno Warisman adalah jalan terbaik dari pada terjadi bentrokan dan menghindari jatuhnya korban dan tentu akan muncul masalah baru atas legalitas acara tersebut," ujar Wawan.

Wawan menegaskan bahwa tidak ada keberpihakan atau upaya tidak netral dari BIN dalam perhelatan Pemilu, akan tetapi menjaga keselamatan warga dan upaya cegah dini untuk hal-hal yang tidak diinginkan mutlak harus dilakukan.

"Hal ini bukan dimaksudkan untuk keberpihakan, tetapi untuk menjaga keselamatan dan tegaknya aturan setelah tidak ada ijin atas acara tersebut," tandasnya.

Editor: Dardani