Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Defia Persembahkan Emas Pertama untuk Indonesia, Edgar Sumbang Medali Pertama
Oleh : Redaksi
Minggu | 19-08-2018 | 17:32 WIB
defia_rosmaniar.jpg Honda-Batam
Defia Rosmaniar persembahkan emas dari cabang Taekwondo

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Defia Rosmaniar berhasil meriah medali emas pertama untuk Indoensia di Asian Games 2018. Defia menjadi yang terbaik di taekwondo poomsae putri.

Tampil ditonton langsung oleh Presiden Joko Widodo, di Plenary Hall, JCC, Minggu (19/8), Defia menjadi juara usai mengalahkan Marjan Salahshouri dari Iran.

Defia menang dengan poin 8.690. Wakil Iran Marjan meraih medali perak dengan skor 8.470.

Sementara, medali perunggu diraih olej Yap Khim Wen dari Malaysia dan wakil Korea Yun Jihye.

Dengan meraih medali emas, Defia, yang juara Asia 2018 itu, diganjar bonus senilai Rp 1,5 miliar.

Sementara cabang olahraga wushu menjadi penyumbang medali pertama bagi kontingen Indonesia pada Asian Games 2018. Indonesia berhasil mendapatkan medali perak dari cabang olahraga wushu kelas Cangquan Putra, Minggu, (19/8/2018) di Jiexpo, Kemayoran.

Dalam pertandingan ini Indonesia diwakili oleh Edgar Xavier Marvelo yang tampil sangat baik. Dia sukses meraih medali perak dengan torehan 9.72 poin.

Edgar Xavier Marvelo berhasil unggul atas atlet asal Taiwan, Tsai Tsemin, yang mengoleksi 9.70 poin.

Adapun medali emas diperoleh atlet asal China Sun Peiyuwan (9.75 poin). "Terima kasih kepada.semua pihak termasuk kepada pengurus, pelatih dan teman-teman semua. Juga kepada keluarga saya yang memberikan dukungan dan semangat kepada saya sehingga berhasil meraih medali perak," ujar Edgar Marvelo.

Pelatih kepala cabang wushu, Noviyanti, turut bangga atas pretasi yang diraih anak asuhnya. "Medali ini juga dipersembahkan bagi bangsa dan negara yang berulang tahun ke-73," tutur Novi. Hal senada diutarakan pelatih Marvelo, Susyana.

Atlet Termuda Senang Ikut Upacara Pembukaan Asian Games 2018 "Luar biasa. Memang dari awal kami tidak menargetkan dia meraih medali emas. Pokoknya main bagus," ucap Susyana.

"Ternyata, Marvelo dapat perak. Pencapaian ini cukup bagus mengingat Marvelo adalah atlet baru. Saya bangga atas hasil ini," tambahnya.

Pada pertandingan selanjutnya, ratu wushu dunia, Lindswell Kwok, yang mewakili Indonesia bakal bertanding di kelas Taijiquan.

Editor: Surya