Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Percepat Pelayanan Publik, BP Batam dan Ombusman Kepri Sepakati Tiga Poin
Oleh : Nando Sirait
Rabu | 08-08-2018 | 17:24 WIB
ketua-bp-batam.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo dan Ketua Ombusman RI Perwakilan Kepulauan Riau. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Ombusman RI Perwakilan Kepulauan Riau menyepakati tiga poin perjanjian kerja sama. Proses penyepakatan ketiga poin tersebut, dimulai dengan pertemuan internal tertutup yang digelar di Marketing Center BP Batam, Rabu (8/8/2018) siang.

Kepala Ombusman RI Perwakilan Kepri, Lagat Siadari, menyampaikan, penandatanganan nota kesepahaman dan kerja sama antar kedua instasi ini sendiri akan dilaksanakan bersamaan dengan penandatanganan nota kesepahaman.

Yang juga akan dilakukan oleh Ombusman Kepri dengan Pemerintah Provinsi Kepri, dan Pemerintah Kota Batam yang akan dilakukan di Kantor Gubernur Provinsi Kepri dalam waktu dekat.

"Intinya dari ketiga poin tersebut adalah mengenai perbaikan pelayanan publik. Poin pertama yang kita sepakati bersama adalah kami membantu BP Batam, dalam melakukan sosialisasi mengenai pelayanan publik di unit layanan BP Batam," ujarnya sesaat setelah pertemuan.

Lagat menambahkan, untuk poin kedua adalah supervisi yang akan disampaikan oleh Ombusman Kepri, terkait unit layanan BP Batam. Kemudian pada poin ketiga adalah mengenai penyelidikan dan pemeriksaan, mengenai aduan dari masyarakat. Mengenai poin terakhir dalam perjanjian kerjasama tersebut, Lagat menambahkan hal ini diakrenakan pihaknya masih menemui adanya kendala dalam melakukan pemeriksaan terkait laporan dari masyarakat.

"Kita akui kita juga masih menerima adanya dugaan maladministrasi yang dilakukan oleh salah satu unit layanan BP Batam. Namun saat ini mengenai masalah keterbukaan informasi, data, serta pemeriksaan keterangan BP Batam sudah sangat baik," lanjutnya.

Menanggapi hal tersebut Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo menyampaikan pihaknya sangat antusian mengenai kerjasama yang akan berlangsung dengan pihak Ombusman Kepri.

"Saat ini kami akan membentuk unit atau tim khusus, sebagai bentuk mitra antara Ombusman dan BP Batam. Nantinya unit ini khusus untuk menjadi penjembatan, dan payung bagi unit pelayanan yang ada di masing - masing instansi kami," paparnya.

Editor: Dardani