Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Setelah Harga Telur Melambung, Kini Harga Cebe Rawit pun Menggigit
Oleh : Suci Ramadhani
Senin | 30-07-2018 | 17:16 WIB
cabe-naik.jpg Honda-Batam
Seorang pedagang cabe rawit. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Harga cabe rawit di Pasar Sagulung Batam mulai melonjak naik sejak 3 hari terakhir. Akibatnya, pedagang tidak bisa berbuat apa-apa dan pembeli cabe pun mulai turun.

Salah satu pembeli di Pasar Sagulung, Aini menjelaskan, sekarang yang naik harga cabe rawit lagi, setelah kemaren telur dan daging ayam.

"Harga cabe biasanya hanya 36.000/kg dan sekarang mencapai 40.000/kg harganya sangat menggigit masyarakat," ujar, Senin (30/7/2018).

Pantauan BATAMTODAY.COM, peminat masyarakat dalam pembelian cabe rawit sudah mulai menurun, dikarenakan cabe rawit adalah bahan pokok dalam memasak untuk menciptakan rasa pedas pada setiap masakan dan gulai.

"Biasanya ibu-ibu beli cabe mencapai 1 Kg lebih, sekarang karena harga cabe rawit naik, mereka hanya membeli 1 one saja, dan kami tidak berani memberi stok cabe banyak lagi," ujarnya.

Cabe biasanya diambil dari Jawa, baik itu cabe merah, hijau, dan rawit. Karena di sana harganya lebih murah dan berkualitas, sehingga kita bisa mengimbangkan denga harga cabe yang di Batam.

"Kalau cabe luar itu, tahan lama dan bagus. Saya di sini bisa dibilang harga ditempat saya lebih murah di banding yang lain," ucapnya.

Sedangakan untuk harga cabe merah Rp 35.000/kg dan cabe Hijau Rp 30.000/kg, untuk bawang merah Rp 30.000/kg dan bawanh putih Rp18.000,- /Kg.

"Kalau untuk harga lain sih standar ya, hanya cabe rawit naik mencapai Rp 4000/kg," pungkasnya.

Editor: Dardani