Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hadapi Villarreal, Skuad Barca Pincang
Oleh : redaksi/mg
Sabtu | 28-01-2012 | 12:36 WIB
Messi-vs-Villarreal-22.jpg Honda-Batam

Messi melewati sejumlah pemain Villarreal dalam pertandingan 2011 lalu. Foto:Barca.tv

BARCELONA, batamtoday - Kesuksesan Barcelona menyingkirkan Real Madrid dari ajang Copa del Rey Kamis (26/1/2012) lalu, harus dibayar mahal. Dua pemain andalannya, Andres Iniesta dan Alexis Sanchez, terpaksa masuk ke ruang perawatan setelah mendapat benturan keras dalam laga tersebut. Keduanya dipastikan tak bisa membela Barca melawan Villarreal, Minggu (29/1/2012) dinihari nanti WIB.

Padahal, Azrulgana tak boleh kehilangan angka dalam lawatannya kali ini. Pasalnya, Real Madrid ‘hanya’ akan menghadapi Real Zaragoza di kandang pada waktu bersamaan. Sekadar diketahui, posisi Barca saat ini diurutan kedua dengan 44 poin, terpaut 5 poin dengan Real Madrid yang berada di puncak klasemen.

Absennya kedua pemain ini menjadi pukulan telak bagi Pelatih Pep Guardiola. Sebab, Iniesta dan Sanchez menambah panjang daftar pemain Barcelona yang akan absen dalam laga melawan Villarreal di Liga BBVA. Sebelumnya, Barcelona sudah dipastikan tak bisa memakai servis David Villa, Ibrahim Afellay, dan Andreu Fontas karena cedera. Sedangkan Seydou Keita saat ini tampil di Piala Afrika untuk membela negaranya, Mali.

"Pada saat ini kami tidak terlalu banyak dalam jumlah (pemain), tapi kami harus tetap maju," ujar Pep. 

Iniesta dikabarkan media Spanyol menderita cedera sobek pada otot kakinya. Sementara Sanchez dilaporkan menderita cedera pundak. Posisi Villarreal yang saat ini terpuruk di papan bawah juga tak akan diremehkan Barca. Menurut Pep, Vilareal selalu menyulitkan timnya saat tampil di kandang.

"Dalam beberapa tahun terakhir, itu selalu jadi tempat yang sulit buat kami. Saat ini, kondisinya tak akan berbeda," terang Guardiola di situs resmi Barcelona.

"Posisi mereka di klasemen tak mencerminkan kualitas para pemain yang mereka miliki atau sejarah mereka akhir-akhir ini," tambahnya.

Meski Barcelona tak akan diperkuat beberapa pemain andalannya, Villarreal yang akan tampil sebagai tuan rumah tetap waspada. Gelandang veteran ‘The Yellow Submarine’, Marcos Senna, mengatakan, bermain melawan Barcelona akan tetap sulit meski mereka tampil tidak komplet.

"Bermain melawan Barcelona adalah kehormatan, meskipun itu akan menjadi pertandingan yang sulit. Mereka tim yang kuat, tapi kami mengharapkan sesuatu dari pertandingan ini," kata Senna. "Hari ini Barcelona merupakan tim terbaik. Sulit untuk mencari cara mengalahkan mereka," lanjutnya.

Prestasi Villarreal merosot drastis pada musim ini. Kalau biasanya bisa masuk papan atas, kini mereka terperosok di peringkat ke-17 klasemen sementara La Liga. Dengan koleksi 19 poin dari 19 laga, tim asuhan Jose Francisco Molina ini cuma unggul selisih gol atas Granada yang ada di zona merah.

Sementara, lima pertandingan kandang terakhir Villarreal dilalui dengan rekor tidak terkalahkan. Tetapi, rekor itu terancam patah jika Barcelona mampu memperpanjang rekor selalu menang dalam tiga kunjungan terakhir di El Madrigal. Pada pertemuan terakhir April tahun lalu, Barcelona sukses menang tipis 1-0.Menurut catatan, laga Villarreal dan Barcelona hanya sekali berakhir imbang dari 12 pertemuan terakhir. Villarreal menang lima kali dan Barca menang enam kali.