Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Plt Gubernur Maluku Temui Fahri Minta Bantuan Pembukaan Rute Penerbangan Maluku-Darwin
Oleh : Irawan
Jum\'at | 27-07-2018 | 16:40 WIB
fahrI-gub_maluku.jpg Honda-Batam
Plt Gubernur Maluku Zeth Sahuburua dan rombongan menemui Wakil Ketua DPR Ri Bidang Korkesra Fahri Hamzah

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Maluku Zeth Sahuburua menemui Wakil Ketua DPR Ri Bidang Korkesra Fahri Hamzah meminta agar DPR menfasilitasi pembukaan rute penerbangan langsung Ambon (Maluku)-Darwin (Australia).

Zeth berharap agar maskapai penerbangan Garuda Indonesia bisa membuka rute tersebut dalam rangka meningkatkan perekonomian Maluku, yang bisa membahas imbas pada sektor pariwisata dan lain-lain.

"Kedatangan kami dan rombongan ke DPR RI untuk menemui Bapak Fahri Hamzah dalam rangka meminta DPR RI agar ikut mendorong dibukanya kembali rute penerbangan Maluku ke Darwin Australia," kata Zeth.

Terkait hal ini, kata Zeth, Ia mengaku telah menemui Menteri BUMN Rini Soemarno untuk meminta dukungan pembukaan rute tersebut. Sebab, penerbangan Maluku- Darwin, adalah rute penerbangan internasional itu strategis bagi pengembangan Maluku dari berbagai sektor.

Apalagi, menurut Zeh, Pemerintah Kota Ambon telah menjalin kerjasama sebagai Kota Kembar (Sister City) antara Ambon-Darwin sejak 1983 lalu.

"Jadi dengan membuka penerbangan rute penerbangan tersebut, termasuk Saumlaki, ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB)-Darwin dengan waktu tempuh 30 – 40 menit," ujarnya,

Selain itu, Zeth juga meminta bantuan DPR agar pemerintah pusat siap membantu pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pespawari) Nasional, dimana Ambon yang ditetapkan sebagai sebagai tuan rumah.

Menanggapai permohonan Plt Gubernur Maluku Zeth tersebut, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengatakan, pihaknya akan menyampaikan aspirasi itu ke pemerintah dan mensosialisasikan ke lintas fraksi di DPR.

"Insya allah, aspirasi gubernur akan saya sosialisasikan nanti ke lintas fraksi di DPR, saya kira ini kecil, bisalah itu nanti dianggarkan," kata Fahri.

Editor: Surya