Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ramon Damora Pimpin Jaringan Berita Online SIN
Oleh : Redaksi
Kamis | 26-07-2018 | 11:40 WIB
ramon-pemred-sin.jpg Honda-Batam
Ketua PWI Kepri, Ramon Damora (ketiga dari kiri) saat menghadiri Rakernas SMSI III di Jakarta. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke III Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) resmi dibuka Menteri Kominfo RI, Rudiantara, Rabu (25/7/2018) di Hotel Sari Pacific, Menteng Jakarta.

Sempena pembukaan Rakernas III SMSI ini juga dilakukan peresmian SIN (Siber Indonesia Network), sebuah jaringan kantor berita bersama untuk anggota SMSI seluruh Indonesia. Peresmian SIN ini dilakukan bersama Menteri Kominfo, Ketum SMSI Pusat dan Tokoh Pers Nasional. Diantaranya, tampak hadir Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat, Ilham Bintang.

Ketua Umum SMSI, Auri Jaya mengatakan, Rakernas III dihadiri oleh pengurus SMSI dari 32 provinsi se Indonesia. Masing-masing provinsi memiliki anggota media siber yang akan berkontribusi memberikan berita, foto dan video bagi program SIN nantinya. "Sudah kita siapkan pemimpin redaksinya yaitu Ramon Damora,” kata Auri Jaya.

SIN merupakan news room atau jaringan pengumpul berita dari anggota SMSI di daerah. Berita yang dikumpul tentu saja berita yang berkualitas yang bisa diambil oleh member SMSI secara aman.

“Tujuan didirikannya SIN, untuk meningkatkan kualitas pemberitaan seluruh media anggota SMSI. Ada ribuan berita dan foto serta video yang akan masuk ke Siber Indonesia Network,” ungkap kata Auri Jaya.

Kata Auri, seluruh anggota SMSI boleh mengunduh dan mengunggah berita dari SIN. "Kita percayakan SIN kepada Ramon Damora. Beliau anak muda yang cerdas, energik dan sudah berkiprah di media-media Jawa Pos Group, dari Riau Pos, Batam Pos, Posmetro Batam dan sekarang di Tanjungpinang Pos," papar Auri.

Auri berharap kehadiran SIN menjadi suatu generasi baru dalam dunia infomasi di tanah air, dan memberika manfaat yang besar bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sementara itu, Meneteri Kominfo RI, Rudi Antara menyambut baik Rakernas SMSI dan kehadiran SIN di tengah menjamurnya pertumbuhan media online di Indonesia.

"Dengan fungsi kontrol yang baik, maka SIN akan menjadi salah satu motor penyebar berita-berita berkualitas yang layak dikonsumsi oleh masyarakat dari satu daerah ke daerah yang lain," harap Rudi.

Pada kesempatan itu, Rudi juga mengingatkan seluruh anggota SMSI untuk terus meningkatkan kualitas dan prifesionalisme yang menjunjung tinggi amanat Undang-undang RI, nomor 40 tentang pers.

Selain itu Rudi mengingatkan agar wilayah-wilayah kode etik harus dipatuhi wartawan. “Untuk meningkatkan kualitas, media tentunya harus terverifikasi, personilnya harus menaati kode etik jurnalistik, sebagaimana profesi-profesi lainnya yang juga memiliki kode etik di lingkungannya,” papar Rudi.

Rakernas III 2018 dengan tema,  "Indonesia Optimis Menghadapi Era Digital" itu rencananya akan digelar sampai 27 Juli 2018.

Editor: Dardani