Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tim Terpadu Batam Hancurkan Puluhan Ruli di Daerah Tembesi
Oleh : Suci Ramadhani
Kamis | 26-07-2018 | 10:28 WIB
gusur-ruli-tembesi.jpg Honda-Batam
Suasana saat Tim Terpadu Kota Batam menghancurkan puluhan Ruli di Tembesi, Kecamatan Sagulung. (Foto: Suci Ramadhani)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan rumah liar (Ruli) yang berdiri di depan Perumahan Citra Laguna, Tembesi, Kecamatan Sagulung dihancurkan Tim Terpadu Batam, Kamis (26/7/2018).

Proses penggusuran ini berjalan lancar tanpa adanya perlawan dari warga. Bahkan, pemilik Ruli itu hanya bisa pasrah, saat Tim Terpadu Batam merobohkan satu per satu Ruli itu.

"Kita bisa berbuat apa. Hanya bisa pasrah. Memang sebelumnya sudah ad pemberitahuan," kata Endang, salah satu warga.

Pembersihan Ruli itu dilakukan menggunakan alat berat. Warga yang rumahnya terkena dampak masih sempat mengambil barang-barang berharga milik mereka.

Warga Minta Pemerintah Tak Pilih Kasih

Meski pemilik Ruli tak melakukan perlawanan. Namun mereka meminta agar Pemerintah Kota Batam melalui Tim Terpadu belaku adil, di mana masih banyak Ruli lain di daerah itu yang tidak digusur padahal jauh lebih dekat dengan bahu jalan.

"Kita tetap terima digusr, tetapi harusnya adil. Kenapa Ruli di depan Cipta Asri tak digusur dan di Simpang Barelang nyang nyata-nyata membuat jalan sempit. Pemerintah harus adil, kalau memang benar untuk pembangunan Kota Batam," kata Endang.

Memang, jika dilihat lokasi Ruli yang digusur hari ini, masih jauh lebih parah yang berdiri di Simpang Barelang. Terlibih saat kendaraan di atas roda enam melintas, akan sangat terganggu dengan banyaknya kios di tepi jalan simpang Barelang.

Meski kondisi itu sudah terjadi sejak lama. Pemerintah Kota Batam masih saja tutup mata.

Editor: Gokli