Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Daftarkan Bacaleg

Hari Ini, KPU Tanjungpinang Bakal Diserbu 14 Partai
Oleh : Habibi Khasim
Selasa | 17-07-2018 | 09:52 WIB
kpu-tpi-14.jpg Honda-Batam
KPU Kota Tanjungpinang.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengimbau kepada partai agar mendaftar bakal calon legislatif sejak jauh-jauh hari. Hal ini bertujuan agar tidak kerepotan dan ada masa perbaikan berkas yang panjang.

Namun, ternyata imbauan tersebut diabaikan. Alhasil, sampai hari ini, Senin (16/7/2018) hanya 2 partai yang baru mendaftarkan Bacaleg. Sehingga, di hari terakhir besok, Selasa (17/7/2018) KPU akan diserbu sebanyak 14 partai yang belum mendaftarkan kader mereka.

Pendaftaran Bacaleg ini sendiri telah dibuka sejak tanggal 4 Juli 2018. Ada beberapa partai yang datang, namun hanya berkonsultasi, bukan mendaftarkan Bacaleg mereka pada awal-awal pembukaan pendaftaran kemarin.

Ketua KPU Tanjungpinang, Aswin Nasution mengatakan, besok pihaknya akan buka kantor dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB. Kerja ekstra sampai tengah malam itu dilakukan untuk melayani para calon wakil rakyat yang ingin mendaftar sebagai Bacaleg.

"Kita buka sampai jam 00.00 WIB. Karena masih ada 14 partai yang belum mendaftarkan calon mereka. Sampai saat ini hanya Golkar dan Nasdem saja yang sudah lengkap. Perindo tadi datang, tetapi sudah lewat batas waktu, jadi kami tidak bisa terima," terang Aswin usai menerima pendaftaran, Senin (16/7/2018).

"Batas waktu pendaftaran, sampai dengan jam 14.00 WIB untuk hari Senin (16/7/2018). Dan mereka (Perindo) datang lewat dari waktu yang ditentukan," tambahnya.

Nasdem dan Golkar berhasil terdaftar dan dinyatakan lengkap administrasi oleh KPU. Meski Nasdem yang mendaftar sejak pukul 10.00 WIB, harus membenahi urutan pencalonan. Sehingga KPU mengembalikan berkasnya saat pendaftaran.

"Batas minimal daftar bacaleg itu, setiap kelipatan tiga merupakan daftar perempuan," terang Aswin.

Hal ini dikarenakan ketentuan pemenuhan kuota perempuan sebanyak 30 persen. Namun urutan daftar tersebut berhasil diperbaiki kembali oleh Nasdem dan dikembalikan pukul 15.30 WIB ke KPU.

Baik Nasdem maupun Golkar, menurut Aswin, telah memenuhi kuota masing-masing kursi. Sehingga proses pendaftaran melalui Sistem Informasi Pencalonan (SILON) berlangsung lancar.

Untuk yang baru mendaftarkan diri hari ini, Selasa (17/7/2018), Aswin mengimbau agar pihak partai benar-benar telah menyiapkan semua persyaratan yang harus dibawa.

"Diharapkan seluruh syarat yang dibawa lengkap. Sehingga proses pendaftaran dapat berjalan dengan lancar," tegas Aswin.

Editor: Gokli