Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sepekan Berlalu, Pendaftaran Bacaleg di KPU Kepri Masih Sepi
Oleh : Ismail
Selasa | 10-07-2018 | 19:40 WIB
kepri-ketua-kpu.jpg Honda-Batam
Ketua KPU Kepri, Sriwati. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sejak dibukanya pendaftaran Bakal calon anggota DPR RI dan DPRD Provinsi serta Kabupaten pada Rabu (4/7/2018) lalu, belum ada satu pun Bacaleg yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri.

Ketua KPU Kepri, Sriwati mengatakan, hinngga kini pihaknya belum menerima satu pun berkas Bacaleg DPRD Provinsi Kepri maupun partai yang mendaftarkan calonnya.

Menurutnya, hal ini diakibatkan para Bacaleg masih mempersiapkan persyaratan untuk maju sebagai calon wakil rakyat. "Untuk caleg DPRD Provinsi belum ada," ujarnya, Selasa (10/7/2018).

Namun, lanjut Sriwati, untuk calon anggota Dewam Perwakilan Daerah (DPD), pihaknya telah menerima 7 calon yang telah resmi mendaftarkan diri ke KPU Provinsi Kepri.

Adapun ke tujuh orang bakal calon anggota DPD RI yang telah mendaftarkan diri pada Senin (9/7/2018) yakni Ria Saptarika, Surya Makmur Nasution, Haripinto Tanuwidjaja, dan Riki Syolihin. Kemudian pada Selasa (10/7/2018) yakni Richard H Pasaribu, Hardi S Hood, dan Alfin.

"Pendaftaran Bacaleg dan anggota DPD RI ini sendiri akan berlangsung hingga Selasa (17/7/2018) pekan depan," katanya.

Ia menambahkan, ketujuh nama tersebut terbilang belum sesaui dengan berkas dukungan yang diterima pada April lalu berjumlah 15 nama.

Sementara itu, beberapa petinggi partai di Provinsi Kepri saat dihubungi memberikan jawaban beragam terkait pendaftaran Bacaleg untuk DPRD Provinsi Kepri pada Pileg tahun 2019 ini.

Seperti yang disampaikan, Ketua DPW Partai Gerindra Provinsi Kepri Syahrul yang menyampaikan, DPW Partai Gerindra baru akan mendaftarkan Bacalegnya setelah ada instruksi dari DPP Partai Gerindra.

"Kami masih menunggu instruksi dari pusat, kapan akan memasukkan pendaftaran," sebutnya.

Sedangkan Partai Demokrat melalui Sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi Kepri Huznizar Hood menyampaikan, Partai Demokrat akan memasukkan seluruh nama Bacaleg untuk DPRD Provinsi Kepri pada Sabtu (14/7/2018).

"Di hari itu seluruhnya kita masukkan. Jadi tanggal 14 jam 14 Demokrat secara serentak akan mendaftarkan calegnya," sebutnya.

Lain halnya dengan Partai Golkar, yang baru akan mendaftar setelah ada instruksi dari Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Kepri Ansar Ahmad. "Kami menunggu perintah Pak Ansar. Mungkin dalam dua atau tiga hari lagi," ujar Teddy Jun Askara salah satu fungsionaris DPD Partai Golkar Provinsi Kepri.

Editor: Gokli