Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lolos ke Semifinal, Prancis dan Belgia Pulangkan Uruguay dan Brazil
Oleh : Redaksi
Sabtu | 07-07-2018 | 08:04 WIB
belgia_brasil.jpg Honda-Batam
Pemain Belgia meluapkan kegembiraan lolos ke Semifinal (Foto: Reuters)

BATAMTODAY.COM, Rusia - Prancis dan Belgia akhirnya ke babak semifinal Piala Dunia 2018 setelah menang 2-0 atas Uruguay dan Brasil 2-1 di fase perempat final (16 besar) pada , Jumat (6/7/2018) dan Sabtu (7/7/2018) dinihari. Uruguay dan Brasil harus gigit jari dan pulang lebih cepat dari ajang Piala Dunia Rusia 2018. Prancis dan Belgia akan saling berhadapan di Semifinal.

Gol Prancis disarangkan Raphael Varane di akhir babak pertama dan Antoine Griezmann di pertengahan babak kedua.

Uruguay datang ke pertandingan ini tanpa diperkuat striker Edinson Cavani yang cedera sedangkan Prancis tampil dengan kekuatan penuh termasuk Kylian Mbappe.

Proses terjadinya gol berawal dari pelanggaran yang dilakukan Bentancur terhadap Tolisso pada menit ke-38, sehingga pemain Uruguay tersebut mendapatkan kartu kuning.

Tendangan bebas oleh Griezmann disambar sundulan oleh Varane dan masuk di sudut kanan gawang Uruguay.

Jalannya laga pada babak pertama yakni sejak peluit ditiup, Perancis yang memegang bola kick off langsung menguasai permainan untuk dua menit berjalan.

Memasuki menit keempat, Uruguay berbalik menguasai bola dan berhasil menyerang hingga ke dalam kotak penalti, namun penyelesaiannya belum maksimal.

Laga berjalan sepuluh menit, wasit sudah beberapa kali menghentikan pertandingan karena adanya pelanggaran, dan mayoritas dilakukan oleh pemain Uruguay, terhadap pemain Perancis.

Menit ke-14 tendangan penjuru untuk Uruguay bola sempat disundul dan dapat ditepis oleh penjaga gawang Perancis.

Menit ke-15 Mbappe mendapat peluang emas, setelah menerima bola dari sundulan Giroud, bola diterima dengan disundul dan diarahkan melambung jatuh melewati bagian atas mistar gawang Uruguay.

Karena sulitnya mendekati area serang Uruguay, Pogba ketika mendapatkan bola di luar kotak penalti mencoba menendangnya ke arah gawang, namun masih melambung ke kiri atas.

Hingga tigapuluh menit pertama, meski terjadi saling serang, namun nampak kedua tim terlihat lebih berhati-hati.

Menit ke-33 pemain Prancis Lucas Hernandez mendapat kartu kuning karena menarik baju Nandez hingga koyak.

Pada menit ke-44, Uruguay mendapatkan peluang emas, namun penjaga gawang Prancis Lloris tampil apik karena mampu menggagalkan beberapa tendangan maupun sundulan yang mengarah ke gawangnya.

Masuk babak kedua, Uruguay yang kehilangan Cavani benar-benar tidak punya taji.

Tidak ada satu pun pergerakan dari lini depan Uruguay yang berbahaya. Suarez yang ditemani Stuani seperti tidak tahu harua berbuat apa.

Prancis yang sudah nyaman bermain akhirnya menambah satu gol lagi.

Griezmann mencatatkan namanya di papan skor setelah tendangannya dari luar kotak salah diantiaipasi oleh kiper Muslera pada menit 61.

Sementara itu, Belgia menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu favorit di Piala Dunia 2018. The Red Devils, julukan Belgia, berhasil memulangkan Brasil dan akan menantang Prancis di semifinal.

Tampil dengan disiplin tinggi, terutama barisan pertahanan membuat Brasil kesulitan sepanjang pertandingan di Kazan Arena, Sabtu (7/7/2018) dinihari. Setelah unggul 2-0 sejak babak pertama, membuat Belgia lebih bermain tenang dan berhati-hati di babak kedua.

Brasil yang ingin mengejar ketinggalan, terus menggempur Belgia. Neymar Cs tak memberikan kesempatan pada pemain Belgia untuk memegang bola.

Upaya ini beberapa kali menuai hasil dengan lahirnya sejumlah peluang. Sayangnya usaha mencetak gol tak datang juga. Di menit 53, Brasil melalui Gabriel Jesus sempat membuat asa kembali menyala setelah aksinya diganggu Vincent Kompany di kotak penalti. Wasit pun menghentikan laga beberapa saat untuk meminta bantuan VAR untuk mengetahui apakah pelanggaran atau tidak untuk memberika tendangan penalti.

Asyik menekan membuka cela yang bisa dimanfaatkan Eden Hazard. Sang kapten nyaris menambah penderitaan Brasil. Lewat serangan balik kapten tim itu berhasil melepaskan tendangan keras. Beruntung tendangan tersebut melenceng.

Brasil akhirnya bisa memperkecil ketinggalan di menit 76 melalui Renato Augusto. Ia yang masuk menggantikan Paulinho mampu memperdaya Thibaut Courtois dengan tandukan kepala setelah menerima umpan lambung Philippe Coutinho.

Dan sampai berakhirnya laga, Brasil tak mampu menyamakan kedudukan. Kemenangan jadi milik Belgia.

Dengan keberhasilan ini, Belgia memperbaiki prestasi empat tahun lalu. Ketika di Brasil, Belgia hanya mampu sampai perempat final sebelum dihentikan Argentina 0-1. Sedangan buat Brasil, capaian ini menjadi pukulan telak setelah pada 2014 sempat menduduki posisi keempat.

Editor: Surya