Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Johnny Otis Wafat di Usia 90 Tahun
Oleh : Redaksi/Kapanlagi.com
Jum'at | 20-01-2012 | 11:22 WIB

CALIFORNIA, batamtoday - Tanggal 17 Januari kemarin, dunia dikejutkan munculnya kabar duka dari California. Legenda musik blues itu telah tiada. Pria yang dikenal dengan nama panggung Johnny Otis ini meninggal di usianya yang baru saja genap 90 tahun. Selamat jalan Johnny.

Terlahir dengan nama Ioannis Alexandres Veliotes, pria yang kemudian dijuluki The Godfather of Rhythm and Blues ini sempat mengangkat banyak nama yang identik dengan musik blues. Menurut PitchFork.com, Etta James, Big Mama Thornton dan The Coasters adalah sebagian dari nama yang melambung berkat campur tangan Otis.

Otis mulai terjun ke dunia musik sekitar tahun 1930-an. Setelah sempat bermain di berbagai band, Otis mendirikan band sendiri di tahun 1945. Tak terhitung jumlah album yang sempat dilansir Johnny Otis selama hidupnya. Terakhir ia melansir album bertajuk The Story, Vol. 2, 1957-1974: On With The Show via Ace Records.

Pria yang mahir bermain piano, vibraphone, drums, dan perkusi ini juga sempat terjun ke dunia jurnalistik dan politik. Dari semua itu, ada satu hal yang menarik dari pria yang sebenarnya keturunan Yunani ini. Meski tak ada darah Afrika mengalir dalam dirinya, ia dengan bangga memilih menjadi warga kulit hitam.

"Sejak kecil saya sudah memutuskan kalau masyarakat kita memaksa kita untuk menjadi warga kulit hitam atau warga kulit putih, saya memilih menjadi warga kulit hitam," ujar Johnny Otis.