Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

5 Daerah Rawan Pangan Jelang Lebaran 2018 Versi Bulog
Oleh : Redaksi
Jumat | 08-06-2018 | 20:09 WIB
dirut-bulog-buwas.jpg Honda-Batam
Direktur Utama Bulog, Budi Waseso.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Bulog Mengidentifikasi lima daerah rawan pangan menjelang lebaran 2018.

Direktur Utama Bulog Budi Waseso mengatakan lima daerah yang diperketat pengawasannya agar tidak kekurangan bahan pangan pokok itu adalah kota-kota besar di Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Utara, Makassar dan Lampung.

"Yang rawan kota-kota besar itu, jadi kita jaga sampai libur lebaran. Begitu bergejolak, kita masuk," ujar Budi usai dipanggil oleh Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (8/6/2018).

Budi mencontohkan posisi stok Bulog untuk beras sangat aman dan hingga kini berada di level 1,5 juta ton lebih dengan rata-rata penyerapan harian mencapai 17.000 ton per hari.

Selain Dirut Bulog, dalam rapat tersebut hadir pula Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Dia mengemukakan dalam rapat itu, Presiden Jokowi meminta kesiapan seluruh Kementerian dan Lembaga untuk mengamankan pasokan dan selalu sedia melakukan stabilisasi harga selama libur lebaran.

Presiden, lanjutnya, juga bakal melakukan evaluasi terhadap kinerja Kementerian dan Lembaga yang bertugas melakukan pengamanan stok pangan, usai libur lebaran.

Untuk itu, Budi mengatakan Bulog sudah melakukan pengaturan sedemikian rupa sehingga ia yakin tidak akan terjadi gejolak harga karena Bulog selalu siap. "Kegiatan penyediaan barang dan stabilisasi harga tetap berjalan. Sampai nanti sampai selesai."

Sumber: CNBC Indonesia
Editor: Gokli