Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Usai Bebas dari Penjara, Anwar Ibrahim Temui BJ Habibie Jakarta
Oleh : Redaksi
Minggu | 20-05-2018 | 17:04 WIB
habibie_anwar.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pertemuan mantan Presiden BJ Habibie dengan mantan PM Malaysia Anwar Ibrahim di Patra Kuningan, Jakarta Selatan (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim tiba di kediaman BJ Habibie di Kawasan Patra Kuningan. Mantan politisi oposisi Malaysia Anwar Ibrahim yang baru bebas dari penjara berkunjung ke Jakarta, atas undangan mantan Presiden BJ Habibie dan Peringatan 20 tahun reformasi Indonesia.

Anwar tiba pukul 13.02 WIB, di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (20/5/2018). Anwar tampak mengenakan setelan jas berwarna biru dongker. Anwar tiba menggunakan mobil Alphard B-402-NS. Tampak staf dari BJ Habibie menyambut hangat kedatangan Anwar.

Begitu tiba Anwar langsung memasuki rumah yang berwarna cokelat muda itu. Ia juga menyempatkan diri untuk menyapa para wartawan yang sudah menunggu kedatangannya.

"Hari ini saya ke Jakarta atas undangan mantan Presiden BJ Habibie bersamaan dengan Peringatan 20 Tahun Reformasi Indonesia," kata Anwar melalui pernyataan tertulisnya di Jakarta.

Selain itu, paparnya, masa-masa tersebut juga menjadi saksi kejatuhan rezim diktaktor dari kedua negara yang telah berkuasa hingga puluhan tahun lamanya.

"Tahun 1998 adalah tahun yang keramat bagi Malaysia dan Indonesia. Rakyat Indonesia mengenang 21 Mei 1998 sebagai kejatuhan rezim Orde Baru dan dimulainya transisi pemerintahan menuju yang lebih demokratis di bawah pimpinan Presiden BJ Habibie," kata Ketua Umum Pakatan Harapan, yang kini menjadi koalisi berkuasa di Malaysia setelah menang pemilu pekan lalu.

"Sementara itu, 2 September 1998 juga diingat rakyat Malaysia sebagai titik jatuhnya rezim Barisan Nasional setelah hampir dua dekade berkuasa," lanjutnya.

Anwar mengatakan pertemuannya dengan Habibie hari ini diharapkan bisa memperkuat hubungan kedua negara. Dia juga berharap lawatannya ke Jakarta hari ini bisa memperkuat komitmen untuk melaksanakan agenda reformasi di negaranya.

Saat menerima Anwar Ibrahim, Habibie didampingi Ricky Rachmadi yang merupakan mantan aktivis mahasiswa serta politisi Golkar), Thareq Habibie, Ilham Habibie, dan Rahmat Ismail yang merupakan adik Taufiq Ismail.

Sedangkan Anwar Ibrahim didampingi Shamsul Iskandar Mohd Akin yang merupakan anggota Parlemen Malaysia dan Wakil Ketua Partai Keadilan Rakyat.

Anwar merupakan ketua koalisi Pakatan Harapan yang saat ini berkuasa di pemerintahan Negeri Jiran setelah memenangkan pemilihan umum raya 9 Mei lalu secara mengejutkan.

Dia bebas dari penjara pada Rabu (16/5) setelah mendekam di balik jeruji besi selama tiga tahun atas tuduhan kasus sodomi. Sebagian pihak menganggap penahanan selama ini Anwar hanya sebuah konspirasi elit untuk membungkam pria 71 tahun itu yang dianggap ancaman rezim berkuasa saat itu

Anwar dan Habibie diketahui sudah lama memiliki hubungan pertemanan. Istri Anwar Ibrahim, Wan Azizah Wan Ismail, ikut dalam acara pengajian berkaitan dengan meninggalnya istri BJ Habibie, Hasri Ainun Habibie.

Anwar bebas pada Rabu (16/5/2018) lalu. Setelah bebas dari penjara, Anwar tak ingin terburu-buru kembali ke politik. Ia mengaku ditawari terlibat dalam pemerintahan Perdana Menteri Mahathir Mohamad, tapi memilih beristirahat dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Editor: Surya