Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Separuh Anggota DPRD Batam Melancong Bareng
Oleh : Yoseph Pencawan
Sabtu | 14-01-2012 | 14:56 WIB

BATAM, batamtoday - Separuh dari 45 jumlah Anggota DPRD Kota Batam melakukan kunjungan kerja ke luar daerah pada waktu yang bersamaan selama tiga hari.

Tajuddin, Kabag Protokol Sekretariat DPRD Batam, mengungkapkan, Komisi I dan III DPRD sedang melakukan kunjungan kerja (Kunker), masing-masing ke Bali dan Surabaya. "Jadwal kunjungannya dari tanggal 12 sampai 14 Januari 2012," ujar dia.

Dijelaskannya, Komisi I mengunjungi Bali untuk menyerap masukan dalam pembahasan Ranperda CCTV dari pemerintah daerah di sana.

Sedangkan Komisi III, studi banding mengenai pembangunan dan pengelolaan sarana prasarana oleh pemerintah setempat.

Mengapa dilakukan pada waktu yang bersamaan?

Kepergian kedua komisi tersebut, menurutnya, sesuai dengan penjadwalan yang sudah disepakati Badan Musyawarah (Banmus) dan berdasarkan tata tertib (Tatib) DPRD Batam.

Tajuddin mengatakan, sesuai tatib masing-masing Anggota DPRD hanya dibolehkan mengikuti Kunker sebanyak enam kali dalam setahun. Di mana jawdal Kunker ditentukan sendiri oleh komisi yang akan melakukan kegiatan tersebut.

Adapun dua komisi lainnya, yakni Komisi II dan IV dijadwalkan akan melakukan kegiatan serupa, juga pada waktu yang bersamaan, yakni pada tanggal 19 Januari 2012 mendatang.

Nah, kalau soal besaran biaya yang dianggarkan untuk keempat studi banding tersebut, Tajuddin tidak bersedia mengungkapkan. Dia hanya mengatakan, bahwa anggaran yang dikeluarkan sesuai dengan lokus dan Perwako.

"Mulai tahun ini, biaya transportasi sesuai harga tiket, enggak seperti sebelumnya yang dipatok. Begitu juga biaya akomodasi hotel atau penginapan, sesuai harga yang berlaku saat ini," ujarnya.