Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ledakan Dahsyat dari Kapal Feri Terbakar Kejutkan Warga Dapur 12 Sagulung
Oleh : Yosri Nofriadi
Rabu | 02-05-2018 | 20:21 WIB
kapal-fery-terbakar.jpg Honda-Batam
Kapal dari Perusahan Delta dikerahkan untuk mencoba memadamkan api, namun mereka tak bisa berbuat banyak karena api di kapal tersebut semakin membesar yang akhirnya menenggelamkan kapal (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebuah kapal terbakar dan meledak di perairan Dapur 12, Kecamatan Sagulung, Rabu (2/5/2018) sekitar pukul 16.00 Wib. Belum diketahui secara pasti penyebab kapal jenis feri itu terbakar.

Informasi yang diperoleh, enam orang awak kapal berhasil selamat. Namun seluruh badan kapal habis dilalap api hingga menengelamkan seluruh badan kapal tersebut.



Menurut warga sekitar, sebelum kapal itu terbakar terlebih dahulu terjadi ledakan. Ledakan yang dahsyat itu sempat membuat para nelayan dan warga yang berada di sekitar pelabuhan Dapur 12 kaget dan berhamburan melihat sumber ledakan tersebut.

"Ledakanya cukup kuat, ada dua kali. Setelah itu asap membumbung tinggi," ujar Mursidi, Ketua RT 02/ RW 09, Kampung Tua, Dapur 12.



Saat warga menuju lokasi ledakan itu, teryata api sudah membesar dan menghaguskan seluruh badan kapal.

"Sempat ada kapal dari Perusahan Delta dikerahkan untuk mencoba memadamkan api, tapi mereka tak bisa berbuat banyak karena api di kapal tersebut semakin membesar," ujar Norman warga lainnya.



Selang beberapa lama kemudian, kapal yang belum diketahui namanya tersebut berangsur-angsur tenggelam.

"Kapal itu ada namanya tapi sudah tak kelihatan karena sudah hangus terbakar. Tapi saya lihat kapal itu semacam kapal pribadi," ujarya lagi.



Menurut Norman, saat dia dan warga menuju kapal tersebut, terlihat sebuah kapal pancung nelayan membawa enam orang pria dari kapal yang terbakar tersebut.

"Waktu kebakaran itu, ada kapal nelayan yang langsung merapat. Mereka membawa enam orang dari dalam kapal. Semuanya warga asing," ujarnya lagi.

Hingga berita ini dirilis, belum terlihat pihak berwenang mendatangi lokasi kejadian.

Editor: Udin