Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Luis Milla Ungkap Masalah Utama Timnas U-23 Dikalahkan Bahrain
Oleh : Redaksi
Sabtu | 28-04-2018 | 09:40 WIB
dikalahkan-bahrain.jpg Honda-Batam
Pemain Sepakbola Indonesia U-23, Evan Dimas (kiri) berduel dengan pemain Bahrain, Hasan Alkarrani, pada pertandingan PSSI Anniversary Cup di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, 27 April 2018. Timnas Bahrain menang lewat gol Mohammed Marhoon (Sumber foto: TEMPO)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Timnas U-23 dikalahkan Bahrain 1-0 dalam laga pertama turnamen PSSI Anniversary Cup 2018 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, pada Jumat, 27 April 2018. Mendominasi hampir sepanjang pertandingan, Indonesia gagal menciptakan satu pun gol.

Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla mengakui penyelesaian akhir ini memang masih jadi masalah. Beberapa kali serangan yang telah dibangun gagal diselesaikan oleh skuad Garuda Nusantara.

"Tim sudah unggul dan menguasai pertandingan. Ke depannya saya harap kita tak ada masalah lagi soal mencetak gol," kata Milla dalam konferensi pers usai pertandingan.

Indonesia tercatat mendapat 64 persen penguasaan bola sepanjang pertandingan. 18 peluang diciptakan oleh Febri Hariyadi cs, namun hanya 8 yang mengarah ke gawang. Beberapa kali, pemain justru nampak kebingungan saat telah berada di dekat gawang musuh.

Pengambilan keputusan yang lama ini kerap memutus alur serangan timnas. Meski begitu, Milla mengatakan sepenuhnya percaya pada keputusan para pemain di lapangan.

"Ketika bola ada di kaki mereka, keputusan ada di tangan mereka. Karena saya tak tahu kondisi di lapangan seperti apa," kata pelatih asal Spanyol itu.

Namun ia pun mengatakan skuadnya harus mengasah kembali finishing dan pengambilan keputusan selama di lapangan. "Saya harap pengambilan keputusan itu bisa lebih baik ke depannya," kata dia.

Milla memainkan pemain senior Lerby Eliandri sepanjang pertandingan. Mengalami kebuntuan, di akhir babak kedua Milla memasukkan pemain senior lain, Ilija Spasojevic untuk menabah daya gedor Timnas. Namun hingga akhir pertandingan tak ada gol yang tercipta.

Milla mengatakan pertandingan ini menjadi bahan evaluasi sekaligus seleksi bagi pemain senior Indonesia. Karena itu, ia akan merotasi lagi susunan pemain Timnas U-23 di laga kontra Korea Utara, pada Senin, 30 April 2018 mendatang.

"Semua mendapat gilirian. Di pertandingan berikutnya kaminakan Mainkan Spaso dari babak pertama. Kita lihat apa yang bisa dia berikan," kata Milla.

Sumber: Tempo.co
Editor: Udin