Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Laga Hasanal Bolkiah Cup 2012

Kehilangan Syamsir Alam, Timnas U21 Andalkan Andik
Oleh : Redaksi/Mg
Rabu | 11-01-2012 | 11:23 WIB
andik-vermansyah-batamttoday2.jpg Honda-Batam

Andik Vermansyah (tengah-baju merah) saat berusaha membobol gawang Malaysia pada Sea Game beberapa waktu lalu. Foto:LPI

JAKARTA, batamtoday - Pelatih Timnas U21 Widodo Cahyono Putro mungkin sangat beruntung. Setelah kehilangan pemain muda andalan Indonesia, Syamsir Alam, Ia masih memiliki pemain muda lain yang tidak kalah berkelas.

Syamsir Alam yang pernah memperkuat Sosiedad Anonima Deportiva (SAD) di Uruguay, terpaksa absen karena sudah terikat kontrak dengan CS Vise di Liga Belgia. Peran yang sejatinya akan ditempati Syamsir, akhirnya jatuh ke tangan Andik Vermansyah.

Pelatih Timnas U-21 mengatakan, bergabungnya Andik dalam Timnas U-21 Indonesia tetap melalui proses seleksi. Menurutnya, pemain yang mendapat julukan dari Media Portugal sebagai 'Messinya Indonesia" itu terpilih karena memiliki kemampuan yang bagus. 

"Andik memang salah satu pemain yang menjadi tumpuan di Timnas U-21," kata Widodo pelatih yang juga mantan pencetak gol terbaik se-Asia di era 90-an, seperti dikutip laman resmi Liga Prima Indonesia, Rabu(11/12/2012).

Kemampuan pemain Persebaya, Andik Vermansyah dalam memainkan bola bundar di lapangan hijau tidak diragukan lagi. Gelandang bertubuh mungil itu diminta PSSI untuk memperkuat Timnas-U21 yang akan berlaga di kejuaraan Piala Sultan Hasanal Bolkiah di Brunei Darussalam, 27 Februari-5 Maret 2012 mendatang. 

Andik dinilai memiliki skill di atas rata-rata. Pelatih Persebaya Divaldo Alves pun tak ragu menurunkannya sebagai starter di setiap pertandingan. Andik juga sudah merasakan atmosfer pertandingan internasional saat memperkuat Timnas U-23 di SEA Games 2011 lalu. 

"Dia sudah punya pengalaman di timnas, SEA Games dan Indonesia Selection (melawan LA Galaxy). Hanya Andik yang cukup memiliki jam terbang (untuk U-21)," pungkas Widodo.