Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rossi Yakin Raih Podium di MotoGP Argentina
Oleh : Redaksi
Sabtu | 07-04-2018 | 16:28 WIB
valentino-rossi111.jpg Honda-Batam
Valentino Rossi. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, memprediksi bakal ada pebalap lain yang membuat kejutan dan menjadi saingan beratnya jika Marc Marquez gagal finis di MotoGP Argentina 2018 di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Senin (9/4/2018).

Prediksi Rossi tersebut melihat pada hasil balapan di sirkuit yang sama musim lalu. Kala itu, Marquez yang mengawali balapan di pole position gagal finis usai mengalami kecelakaan di putaran ketiga. Sedangkan Vinales Maverick jadi pemenang dan Rossi finis runner-up.

"Saya melihat Marquez sangat kuat hari ini (latihan bebas kedua). Yang pasti, dia adalah favorit karena dia yang tercepat. Tapi bagaimanapun, kami harus bekerja dan saya memperkirakan bakal ada pebalap lain jika Marquez tidak lolos (tidak bisa melanjutkan balapan)," kata Rossi dikutip Crash.

Musim ini, andalan Ducati Andrea Dovizioso juga menjadi pebalap yang memberikan ancaman sejak awal. Bahkan, Dovizioso memenangi duel melawan Marquez di lap terakhir untuk memastikan podium pertamanya.

Pada balapan seri kedua musim ini di Argentina, Minggu (8/4/2018) siang waktu setempat, Rossi juga mengaku yakin bisa kembali meraih podium seperti yang diraihnya di balapan perdana di MotoGP Qatar, 18 Maret lalu.

Meski berada di posisi ketujuh pada sesi latihan bebas kedua di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Rossi mengaku puas dengan performa Yamaha M1 yang ditungganginya. Terlebih, ia juga berjuang dengan lintasan bergelombang di sirkuit sejauh 4,2 kilometer itu.

Terlepas dari aspek performa, Rossi juga merasa kecepatan dan konsistensinya di atas motor cukup positif. Sebab itu, ia percaya selain ancaman dari Marquez, peluangnya untuk kembali mengukir sukses podium di Qatar tetap memungkinkan.

"Saya suka trek di sini, kondisinya baik. Saya merasa nyaman dengan motor, terutama dengan ban. Saya memiliki kecepatan yang bagus. Jadi saya harap saya bisa naik podium dengan cara yang bagus," ujarnya.

Menurut Rossi, salah satu masalah yang bakal dialaminya terletak pada ban tipe lunak yang dianggap tidak memiliki cengkraman yang bagus dengan aspal dan dapat menyulitkannya. Belum lagi ditambah jika cuaca hujan saat balapan.

Sejauh ini, Rossi belum bisa memastikan tipe ban apa yang cocok digunakan untuk balapan nanti. Ia dan tim masih akan kembali melihat hasil di kualifikasi untuk mencoba berbagai kemungkinan yang bakal terjadi, termasuk membuat pilihan yang benar soal tipe ban.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha