Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ketua RT Nyambi Jadi Maling Dibekuk Polisi
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Jum'at | 06-01-2012 | 16:55 WIB
Rt-nyambi-maling.gif Honda-Batam

Budi dengan tangan terborgol saat berada di Mapolsek Sekupang. (Foto: Roni/batamtoday). 

BATAM, batamtoday - Seorang pemuka masyarakat seharusnya menjadi suri tauladan warganya. Namun pendapat itu tak berlaku bagi Budi Setiawan (43) warga Perumahan Pesona Mantang yang menjadi ketua RT 04 RW 15 perumahan tersebut lantaran nyambi menjadi maling. 

Budi diketahui telah tujuh bulan sebagai pencuri dan beraksi sebanyak 15 kali di sejumlah tempat seperti Tiban 1, Tiban 2, Tiban Koperasi, Tiban BTN, Perumahan Villa Alam Lestari, Tiban Culindo dan Perumahan Kartini telah berhasil mencuri puluhan unit laptop dan handphone yang bernilai hingga ratusan juta rupiah. 

"Sudah tujuh bulan saya beraksi di 15 TKP. Semuanya saya kerjakan sendiri," kata tersangka kepada wartawan, Jumat (6/1/2012). 

Saat beraksi, tersangka terlebih dahulu mengintai rumah yang akan dibobol. Saat pemiliknya sedang keluar rumah, dia akan masuk ke rumah setelah mencongkel pintu dengan menggunakan obeng. 

"Habis itu saya mengambil barang-barang berharga berupa laptop dan handphone," ujar pria yang sudah memiliki tiga orang anak tersebut. 

Namun apes, saat beraksi di Perumahan Villa Alam Lestari rumah milik Dwi Rahmi, pada Kamis kemarin pukul 16.00 WIB, dia ketangkap tangan oleh pemilik rumah yang tiba-tiba pulang. Dia kepergok di ruang tamu dan ditangkap warga ketika hendak melarikan diri. 

"Waktu itu rumah kosong, ternyata balik lagi. Ditangkap dan digebuki oleh massa, baru dijemput sama Polisi," katanya. 

Kapolsek Sekupang, Kompol Hanny Hidayat kepada wartawan mengatakan bahwa tersangka merupakan target yang selama ini telah diincar Polisi karena telah meresahkan. Atas perbuatannya, tersangka dijerat pasal 363 KUHP yakni pencurian dengan pemberatan karena melakukannya pada siang dan malam hari. 

"Tersangka diancam hukuman tujuh tahun penjara. Selama ini memang sudah jadi target kita," tegas Hanny.