Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pernah Ditipu, Ruslan Datangi Bagong Gadungan
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Jum'at | 06-01-2012 | 14:24 WIB
Ruslan-dan-Bagong-Gadungan-.gif Honda-Batam

Meski pernah ditipu, Ruslam masih sempat memeluk Yopi Sinaga alias Bagong gadungan. (Foto: Hendra/batamtoday) 

BATAM, batamtoday - Ruslan Kasbulatov, Wakil Ketua I DPRD Mendatangi Polsek Batam Kota untuk menemui Yopi Sinaga (35) alias Bagong gadungan, Jumat (6/1/2012). Kedatangan Ruslan ini dikarenakan dirinya juga telah menjadi korban penipuan yang dilakukan oleh wartawan gadungan tersebut. 

 

Di hadapan penyidik dan awak media di Polsek Batam Kota, Ruslan menjelaskan dirinya pernah di telepon dan di-SMS oleh pelaku yang mengaku sebagai Bagong Sastranegara, reporter Batam TV untuk mengirimkan sejumlah uang dengan alasan orang tuanya sedang dirawat di rumah sakit. 

Bahkan pelaku sempat mengancam Ruslan dengan mengatakan dirinya adalah pejabat yang tak peduli nasib rakyat karena tak menggubris apa yang menjadi permintaan pelaku. Teror itu berkali-kali dilakukan pelaku terhadap Ruslan, baik melalui telepon maupun pesan singkat melalui SMS. 

"Dia (pelaku, red) sempat memaki-maki saya dengan mengatakan saya pejabat yang tak peduli sama rakyat," ujar Ruslan kepada wartawan di Polsek Batam Kota. 

Ruslan menambahkan, teror itu dilakukan oleh pelaku kepadanya berkali-kali, namun karena dia dan Bagong sudah kenal dekat jadinya teror tersebut tidak digubris sebab yakin bahwa itu dilakukan oleh orang iseng saja yang menjual nama wartawan Batam TV itu. 

"Dia meneror empat melalui telepon dan enam kali melalui SMS. Tapi saya tetap tak percaya sebab saya kenal dekat dengan Bagong," terangnya. 

Usai bertatap muka langsung dengan pelaku dan menanyakan prihal mengapa dia melakukan ancaman tersebut, akhirnya Ruslan tak jadi membuat laporan dan memaafkan pelaku atas perbuatannya itu. 

"Saya sudah memaafkannya dan tak jadi bikin laporan, saya hanya menasehatinya saja agar tak mengulangi lagi perbuatannya itu," pungkas Ruslan. 

Diberitakan sebelumnya, Yopi Sinaga (35), warga Tanjungpiayu diamankan di Mapolsek Batam Kota, Kamis (5/1) pukul 13.00 WIB.  pelaku ditangkap karena mengaku sebagai reporter Batam TV,  Bagong Sastra Negara dengan meminta uang sebesar Rp 2,5 juta kepada anggota DPRD Batam, Yudi Kurnain. 

Dalam aksinya itu, Bagong Batam TV gadungan ini beralasan uang yang dimintanya itu untuk biaya pengobatan ibunya yang lagi sakit jantung di RS Bethesda Jogja. Dan modus itulah yang selalu disampaikan pelaku ke setiap orang yang dia mintai uang. 

Saat meminta pelaku meminta uang kepadanya, Yudi sengaja memberikan sesuai permintaannya. Hal tersebut sengaja dikasih, agar pelaku tak bisa mengelak kalau dirinya sudah memeras dengan mengaku sebagai reporter Batam TV. Sebab, barang bukti berupa uang tunai sudah dikantonginya.

 

Kejadian tersebut sempat menjadi perhatian reporter yang meliput di kantor DPRD Batam. Tak terkecuali anggota DPRD lainnya seperti Udin P Sihaloho yang pernah jadi korban penipuannya melalui ponsel. Bagong sendiri mengaku dirinya sudah tahu dari enam bulan lalu kalau ada orang yang mengaku sebagai dirinya. Namun, saat ia belum menemukan waktu yang tepat untuk menjebak pelaku. 

Selain itu, pelaku juga pernah minta uang dengan alasan yang selalu sama kepada salah satu direktur perusahaan shipyard di Tanjung Uncang, selain itu wakil walikota Batam, Rudi pun pernah jadi korbannya melalui ponsel minta uang dan dimaki-maki oleh pelaku.