Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Untuk Penerangan Sei Carang Dikucurkan Rp3,5 Miliar

Pemko Tanjungpinang Tak Punya Dana Beli Kasur dan Gorden untuk Rumah Dinas Wali Kota
Oleh : Habibi Khasim
Senin | 02-04-2018 | 11:04 WIB
sekda-tpi-riono.jpg Honda-Batam
Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, Kebersihan dan Pertamanan memasang lampu hias penuh warna untuk mempercantik Jembatan I Sungai Carang. Penerangan jembatan Sei Carang yang direncanakan untuk menarik perhatian turis lokal maupun mancanegara tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp3,5 miliar di 2017.

Ternyata, di balik penganggaran penerangan jembatan tersebut, pengadaan perlengkapan di rumah jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang malah tidak dapat dilanjutkan. Bahkan, saat ini rumah tersebut belum memiliki kasur dan gorden.

Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono, mengakui, rumah jabatan Pimpinan Kota Tanjungpinang belum memiliki kasur dan gorden. Hal ini jugalah yang akhirnya menjadi alasan rumah itu tak kunjung dapat ditempati Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang sejak awal menjabat hingga habis masa jabatan.

Bahkan sampai era Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza, pun rumah tersebut belum dapat ditempati. Padahal, Ariza sangat ingin menempati rumah tersebut.

"Kalau kunjungan terakhir saya ke sana, tilamya belum ada. Gimana Pak Pejabat Wako mau tidur di sana. Gorden juga belum ada," kata Riono, Senin (2/4/2018).

Pada prinsipnya, kata Riono, rumah dinas itu segera ditempati oleh pimpinan daerah. Namun, kata dia, karena keterbatasan anggaran, hal itu menjadi sesuatu yang sulit.

Ia mengatakan, saat ini saja, ketersediaan alokasi anggaran perawatan rumah tersebut belum ada. "Mungkin nanti akan coba dialokasikan di anggaran perubahan," ujar Riono.

Kendati begitu, Riono sudah mendapat arahan dari Raja Ariza agar rumah dinas tersebut bisa digunakan bersempena silaturahmi Hari Raya Idul Fitri.

"Ya itu agenda dalam waktu dekat. Kami sekarang sedang menganalisa bagaimana teknisnya nanti di sana," kata Riono.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tanjungpinang, Hendri mengatakan pada tahun 2018 ini Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang tidak melanjutkan pembangunan dan penyelesaiaan rumah dinas tersebut. Hal tersebut dikarenakan minimnya keuangan daerah, sehingga pembangunan di APBD murni 2018 ini tidak dilaksanakan.

Hendri mengaku semua yang bersangkutan dengan rumah dinas ini sudah diusulkan sejak tahun 2017, dengan harapan dapat terealisasi di tahun 2018. Namun karena anggaran minim, maka usulan tersebut tidak dapat direalisasikan.

Editor: Gokli