Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebanyak 77 Atlet Silat Ikuti Seleksi Porprov Kepri ke-4
Oleh : Freddy Lantang
Minggu | 01-04-2018 | 15:30 WIB
Ipsi_karimun.jpg Honda-Batam
Seleksi IPSI Karimun dalam rangka Perprov ke-4 Tahun 2018 (Foto: Freddy Lantang)

BATAMTODAY.COM,Karimun - Sebanyak 77 atlet silat dari 9 penggguruan silat yang bernaung dibawah Pengurus Kabupaten (Pengkab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Karimun mengikuti seleksi untuk menjadi atlet silat yang akan mewakili Kabupaten Karimun pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke 4 Kepri Tahun 2018 .

Seleksi atlet silat yang dimulai dilaksanakan , Minggu (1/4/2018) di aula SMUN I Tanjungbalai Karimun ini akan berlangsung selama dua hari dengan menggunakan sistim gugur.

Atlet dari 9 perguruan silat ini akan bertanding pada nomor laga dan nomor seni tunggal , ganda, regu . Bagi atlet yang dinyatakan lolos seleksi dan keluar sebagai pemenang akan dipersiapkan untuk mengikuti Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) yang akan dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karimun selama lebih kurang dua bulan lamanya .

Ketua IPSI Kabupaten Karimun, Setiyono, mengatakan , Pengkab IPSI diminta oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Karimun untuk melakukan seleksi terhadap atlet cabang olaharaga pencak silat yang akan dipersiapkan sebagai atlet pencak silat Kabupaten karimun untuk bertanding pada Pekan Olahraga Provinsi Kepri ke 4 tahun 2018 di Tanjung PInang pada bulan Oktober 2018 nanti..

Menurut Setiyono, untuk mencari atlet silat yang kuat dan punya potensi untuk meraih medali harus dilakukan dengan cara seleksi terhadap seluruh pesilat nantinya akan mempekuat tim silat kabupaten karimun pada Porprov Kepri ke 4 tahun 2018

" Pada seleksi atlet cabang olahraga silat akan diikuti seluruh pesilat yang bernaung di sembilan perguruan silat yang ada di kabupaten karimun yakni dari perguruan silat Tapak Suci, Satria MUIda Indonesia, Persaudaraan setia hati Terate,HIMSI, Walet Putih, BS Melati, Persigu, ASAD dan Cempaka Putih dengan mempertandingkan kelas A - I untuk Putra dan kelas A-G untuk putri.'' Jelas Setiyono.

Dijelaskan Setiyono, agar seleksi atlet silat berjalan dengan baik , IPSI Kabupaten karimun sebagai pelaksana , mendatangkan satu orang wasit juri dari IPSI Propinsi Kepri serta dibantu wasit juri yang sudah punya sertifikat dan pengalaman memimpin atau sebagai wasit juri.

Kepala Dinas Pemuda dan Olaharaga Kabupaten Karimun, Sukari,dalam sambutannya mengatakan.dirinya sangat menyambut baik dengan dilakukannya seleksi pada cabang olahraga pencak silat yang nantinya akan memperkuat kontingen Kabupaten karimunpada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kepri ke 4 tahun 2018 .

DIjelaskan Sukari, cabang olahraga pencak silat merupakan salah satu cabang olahraga yang cukup menyumbangkan medali bagi kontingen Kabupaten karimun pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kepri ke 3 tahun 2014 lalu di Tanjungbalai Karimun sehingga Kabupaten karimun pada perolehan medali pada Porprov ke 3 berada pada posisi kedua setelah kota Batam.

Sukari berharap , dari hasil seleksi cabang olahraga silat yang dilaksanakan hari ini akan memunculkan pesilat-pesilat tangguh yang nantinya akan mengikuti Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) untuk dipersiapkan sebagai atlet silat Kabupaten karimun menuju Porprov ke 4 Kepri tahun 2018 .

Ketua Umum KONI Kabupaten Karimun, Jhon Abrison, mengatakan dalam mengikuti Porprov ke 4 Kepri tahun 2018 di Tanjung Pinang , KONI Kabupaten karimun sudah membentuk panitia seleksi yang ditugaskan bersama dengan pengurus Kabupaten cabang olaharaga untuk melaksanakan seleksi di sejumlah cabang olahraga yang akan diikuti kontingen kabupaten karimun , salah satunya cabang pencak silat yang seleksinya dilaksanakan hari Minggu ini.

Menurut Jhon Abrison ,dengan dilakukan seleksi di masing-masing cabang olahraga , hal ini akan lebih dapat diketahui atlet yang memang layak untuk memperkuat kontingen Kabupaten Karimun pada Porprov ke 4 Kepri tahun 2018 dan dari hasil seleksi ini , para atlet yang berhasil lolos dan memang akan diikutkan pada Pelatda yang akan dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karimun.

Jhon Abrison berharap , meskipun hanya dalam bentuk seleksi bukan dalam bentuk kejuaraan atau pertandingan tetapi hal ini tidak akan mengurangi kwalitas dari atlet bersangkutan karena masing-masing pengurus Kabupaten cabang olahraga kabupaten karimun sudah mengetahui data awal atlet yang memang layak untuk bertanding di event empat tahunan.

Editor: Surya