Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Rekomendasi Masyarakat Kepri untuk Evaluasi Kinerja Pemerintahan Gubernur Nurdin
Oleh : Ismail
Senin | 19-03-2018 | 15:38 WIB
kritisi-nurdin1.jpg Honda-Batam
Masyarakat menyerakan 36 kritik dan masukan ke Gubernur Kepri Nurdin Basirun dalam acara dialog bersama. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ratusan masyarakat Kepri dari sejumlah organisasi kemasyarakatan (Ormas) menggelar dialog bersama Gubernur, DPRD dan Pimpinan OPD Kepri di Aula Kantor Gubernur, Pulau Dompak, Senin (19/3/2018).

Dalam dialog tersebut, dibahas sejumlah masalah, kritik serta masukan terhadap kinerja Gubernur dan perangkat Pemerintahan Provinsi Kepri selama 2,5 tahun ke belakang.

Setidaknya ada sekitar 36 butir kritik dan masukan terhadap kinerja Gubenur yang telah disusun forum masyarakat. Ke 36 butir tersebut langsung diserahkan kepada Gubernur untuk dievaluasi.

Perwakilan masyarakat, Chaidar Rahmat, menyampaikan, selain kritik dan masukan tersebut, pihaknya juga telah menyusun tiga butir saran dan rekomendasi kepada Gubernur.

Diantaranya, merekomendasikan Gubernur Kepri untuk mengevaluasi kinerja OPD yang kurang optimal. Sekaligus, mengganti OPD yang kinerjanya tidak efektif, terutama Dinas Pendidikan, Pekerjaan Umum (PU, Ketenagakerjaan, Kesehatan, serta Biro humas dan protokoler.

"Kinerja Pak Gubernur sudah bagus. Namun, sangat disayangkan tidak didukung oleh Kepala OPD yang tidak layak," tegas salah satu warga dihadapan forum.

Lalu, meminta Gubernur lebih fokus bekerja serta menjalin hubungan starategis kepada lembaga yang berperan dalam pembangunan. Diantaranya, DPRD, kepala daerah kabupaten/kota, dan pemerintah pusat.

Selain itu, meminta Gubenur agar mampu meningkatkan kualitas kepemimpinan yang lebih baik. Bagi di lingkungan pemerintah, DPRD, masyarakat, parpol, dan organisasi kemasyarakatan. "Itulah rekomendasi kami kepada Gubernur. Kami harap Gubernur bisa menindaklanjutinya," katanya.

Editor: Yudha