Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Pertama Masuk Kerja, Sidang Pidana di PN Batam Kosong
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Senin | 02-01-2012 | 16:25 WIB
Pengadilan-Negeri-Batam.gif Honda-Batam

Kantor Pengadilan Negeri Batam.

BATAM, batamtoday - Persidangan di Pengadilan Negeri Batam pada Selasa (2/1/2012) masih sepi. Hanya beberapa sidang perdata yang digelar, sedangkan sidang pidana tidak ada sama sekali. Bahkan terdakwa tidak ada yang dihadirkan di Pengadilan.

Pantauan batamtoday, gedung Pengadilan Negeri Batam terlihat sepi. Ruang tahanan yang biasanya disesaki oleh para terdakwa juga kosong. Hanya sidang perdata yang digelar di lantai dua PN Batam.

Ketua PN Batam, Haswandi saat dikonfirmasi mengatakan bahwa hari ini tidak ada tahanan yang akan disidangkan. Padahal semua hakim sudah hadir dan siap menggelar persidangan.

"Jaksa tidak bawa tahanan, gimana ada persidangan. Kalau hakim, kita siap-siap saja," kata Haswandi kepada wartawan usai memimpin persidangan perdata.

Ketika ditanya apakah sudah ada informasi sebelumnya dari pihak Kejaksaan terkait ketidakhadiran tahanan, Haswandi mengaku tidak mendapat informasi sebelumnya. Persidangan akan berjalan apabila pihak-pihak sudah lengkap antara lain ada majelis hakim, jaksa, terdakwa dan panitera.

"Tidak ada informasinya dari Kejaksaan kenapa hari ini tidak menghadirkan tahanan. Kalau persidangan pidana semua pihak-pihak harus lengkap, kalau salah satu pihak tidak lengkap tidak bisa digelar persidangan," terang Haswandi.