Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kontroversi Warnai Tumbangnya Citizen
Oleh : Redaksi/Goal.com
Senin | 02-01-2012 | 11:19 WIB

SUNDERLAND, batamtoday - Kejutan kembali mewarnai kompetisi Liga Primer Inggris. Setelah kemarin Chelsea dan Manchester United mengalami kekalahan, kali ini giliran Manchester City yang secara mengejutkan takluk dari Sunderland dengan skor tipis 1-0.

Kekalahan tersebut sangat menyakitkan bagi City karena gol tunggal Sunderland dicetak oleh Ji Dong Won pada menit ke-93, atau pada menit terakhir. Dengan kekalahan tersebut, City gagal menjauh dari kejaran United yang kini memiliki poin sama dengan mereka.

Pertandingan sebenarnya didominasi oleh skuad asuhan Roberto Mancini. Namun, pada menit ke-dua, tuan rumah memperoleh peluang emas pertama di pertandingan ini setelah serangan balik Sunderland membuat Nicklas Bendtner lolos dari jebakan offside hingga hanya berhadapan dengan kiper, sayang pemain asal Denmark tersebut gagal menaklukkan Joe Hart.

Pertahanan rapat tuan rumah berhasil membuat City kesulitan, sehingga baru pada menit ke-31 Edin Dzeko memperoleh peluang emas untuk mencetak gol, sayang tembakannya masih dapat dihalau oleh Mignolet. 

Tiga menit kemudian, Dzeko kembali mengancam gawang Sunderland, dan untuk kedua kalinya Mignolet dengan cemerlang menepis tembakan keras Dzeko. Hingga babak pertama berakhir kedudukan 0-0 tetap bertahan.

Pada babak kedua, keadaan tidak berubah, City masih terus mengurung pertahanan Sunderland. Masuknya Sergio Aguero dan David Silva di awal babak kedua membuat permainan City menjadi lebih hidup.

Aguero memberi ancaman pada menit ke-58 melalui tembakannya setelah melakukan kombinasi dengan Dzeko. Tetapi Mignolet kembali berhasil menggagalkan peluang City.

Sunderland tidak hanya terus bertahan. Stephane Sessegnon dengan cerdik melewati beberapa bek City dan kemudian melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Tembakan tersebut berhasil melewati Hart, namun sayang masih belum menemui sasaran.

Pada menit ke-88, Mignolet kembali menjadi pahlawan bagi Sunderland setelah berhasil menepis tembakan David Silva, namun bola muntah berhasil disambar oleh Micah Richards di depan gawang, beruntung bola membentur mistar gawang sehingga peluang emas tersebut menjadi sia-sia.

Dan secara mengejutkan, melalui serangan balik di menit terakhir, Sunderland berhasil melesakkan gol melalui kaki Ji Dong Won. Pemain asal Korea Selatan tersebut berhasil melewati Hart sebelum menyontek bola masuk ke dalam gawang City. Gol tersebut cukup kontroversial karena apabila dilihat kembali, Ji berada dalam posisi offside saat menerima bola di dalam kotak penalti.