Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pembayaran Pesangon Karyawan Exas Sedang Dilakukan
Oleh : Yoseph Pencawan
Sabtu | 31-12-2011 | 14:33 WIB

BATAM, batamtoday - PT Exas Batam Indonesia saat ini sedang melakukan proses pembayaran uang pesangon kepada ratusan karyawannya.

"Pemenuhan hak-hak pekerja sedang dilakukan pihak manajemen perusahaan," ungkap Yoni MulyoWidodo, Ketua PC Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPMI) Kota Batam hari ini, Sabtu (31/12/2011).

Dijelaskannya, kemarin, Jumat (30/12/2011), PUK SPMI PT Exas Batam Indonesia yang diketuai Edi Koeswara sudah melakukan pertemuan dengan manajemen perusahaan.

Pertemuan itu digelar guna membahas proses yang akan dilakukan pihak manajemen untuk menyelesaikan kewajibannya kepada pekerja sebelum menghentikan aktivitas industri.

Perkembangan terakhir, saat ini pihak manajemen perusahaan sedang melakukan pembayaran uang pesangon kepada ratusan pekerjanya.

Menurut Yoni, sejauh ini PC SPMI Batam belum menerima adanya laporan penyimpangan pembayaran uang pesangon dari para anggotanya yang terkena PHK di PT Exas Batam Indonesia.

Begitu juga laporan penyimpangan pesangon dan hak-hak pekerja lainnya dari para pengurus PUK SPMI di perusahaan tersebut.

"Jadi insya allah lancar. Proses pembayaran pesangon masih lancar," bilang Yoni.Seperti diketahui, PT Exas Batam Indonesia terpaksa gulung tikar akibat tidak tahan lagi menanggung beban kerugian sepanjang dua tahun terakhir.

Perusahaan yang beroperasi sejak 2006 di Kawasan Industri Batamindo tersebut mengalami kerugian karena merosotnya order pekerjaan dari Asia dan Eropa.

PT Exas Batam Indonesia merupakan perusahaan PMA asal Jepang yang memproduksi metal stamping, komponen untuk audio mobil dan komputer, komonen untuk Floppy Disk Drive dan CD serta aktifitas assembly untuk industri elektronik.