Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Singapura Naikan TDL Per 1 Januari 2012
Oleh : Mg/today
Sabtu | 31-12-2011 | 11:11 WIB
Flat_Singapura.jpg Honda-Batam

Kawasan Pemukiman di Singapura. Foto:Doc/batamtoday

SINGAPURA, batamtoday - Pemerintah Singapura akhirnya mengambil kebijakan untuk menaikan tarif dasar listrik (TDL) pada tahun 2012. Kenaikan tersebut akan dilakukan secara berkala per 1 Januari - Maret, kemudian akan dilakukan penyesuaian setara dengan kenaikan BBM pada tahun tersebut. 

Media setempat melaporkan, kenaikan untuk tiga bulan pertama atau periode Januari - Maret sekitar 2,3 persen. Selanjutnya pada 31 Maret akan dievaluasi untuk kenaikan lebih tinggi lagi.

"31 Maret akan meningkat karena harga BBM lebih tinggi, yang mengakibatkan biaya listrik makin mahal," tulis Today Online Singapura, Sabtu(31/12/2011).

Harga minyak rata-rata selama tiga bulan terakhir, 1 Oktober - 15 Desember, meningkat sebesar 4,4 persen, dari Sing$ 121,68 sampai Sing$ 127,07 per barel. Hal ini membuat pemerintah harus mengambil kebijakan untuk penyesuaian harga tersebut.

Meski demikian, untuk mengatasi kesulitan masyarakat Singapura, pemerintah setempat akan membuat program subsidi yang besaranya akan disesuaikan dengan kondisi ekonomi masing-masing penduduk. 

"Mereka yang tinggal di flat satu dan dua kamar akan mendapatkan Sing$ 90, sedangkan yang tinggal di flat tiga kamar akan mendapatkan Sing$ 50, flat empat kamar akan mendapatkan S $ 45, yang dalam lima kamar flat akan mendapatkan Sing$ 30 dan orang-orang yang tinggal di flat Eksekutif tetap mendapatkan subsidi meski jumlahnya lebih kecil, yakni Sing$ 20," tulis pernyataan resmi Departemen Keuangan Singapura.