Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Serang Kiper, Seorang Suporter Diganjar Larangan Nonton Selama 30 Tahun
Oleh : Redaksi/Mg
Jum'at | 30-12-2011 | 09:47 WIB
esteban_alvarado_883841000.jpg Honda-Batam

Kiper AZ Alkmaar, Esteban Alvrado saat diserang suporter fanatik Ajax Amsterdam. Foto:De Volkskrant

AMSTERDAM, batamtoday - Seorang suporter Ajax Amsterdam melakukan penyerangan terhadap kiper AZ Alkmaar, Esteban Alvarado, dalam pertandingan penuh emosi beberapa waktu lalu. Holigan itu akhirnya diganjar hukuman larangan menonton sepak bola ke stadion selama 30 tahun. Hukuman ini adalah hukuman bagi suporter terlama di Belanda.

Dikutip batamtoday dari koran Belanda, De Volkskrant, Jum'at (30/12/2011), kejadian bermula ketika Ajax bermain melawan AZ Alkmaar di babak 16 besar Piala Belanda, Kamis (22/12) lalu, seorang remaja berusia 19 tahun tiba-tiba masuk ke lapangan dan berusaha menyerang Esteban. Menyadari adanya ancaman, kiper asal Kosta Rika itu lalu menyerang balik sang suporter.

Esteban lalu dikartu merah oleh wasit. Merasa dirugikan, pihak AZ kemudian menolak bermain dan pertandingan pun dihentikan pada menit ke-38.

"Saya melihat Esteban diserang dan dia melakukan pembelaan diri. Saya mengerti reaksi Esteban dan karakter pemain Amerika Selatan lainnya. Saya pun bisa mengerti keputusan Alkmaar karena peristiwa ini penuh dengan emosi," ujar pelatih Ajax, Frank de Boer, menanggapi insiden tersebut.

Pihak Ajax telah mengabarkan kepada pengacara yang mendampingi si penyerang tersebut mengenai hukuman yang akan didapat kliennya.