Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Julio Iglesias Raih Dua Penghargaan Bersejarah
Oleh : Redaksi/RollingStone
Senin | 26-12-2011 | 11:55 WIB

MADRID, batamtoday - Legenda crooner asal Spanyol, Julio Iglesias, baru-baru ini telah menerima dua penghargaan bersejarah sekaligus di kampung halamannya, Madrid.

Dua penghargaan tersebut masing-masing adalah Best-Selling Artist of All Time in Spain dan Global Best-Selling Artist in Spain, seperti tercantum pada rilis pers yang diterima Rolling Stone.

Seperti namanya, penghargaan Best-Selling Artist of All Time ini ia raih karena telah menjadi artis dengan penjualan album tertinggi di Spanyol, yaitu dua puluh tiga juta kopi. Sementara Global Best-Selling Artist in Spain diberikan karena Iglesias merupakan artis berdarah Latin yang memegang rekor penjualan album tertinggi dalam sejarah dengan tiga ratus juta kopi album terjual di seluruh dunia.

Upacara penganugerahan ini dilakukan di Instituto Cervantes, Madrid dengan petenis terbaik nomor dua dunia, Rafael Nadal, berlaku sebagai pemberi trofi. Nadal, yang seperti Iglesias merupakan orang Spanyol, seringkali dianggap sebagai petenis terbaik yang pernah dimiliki Negara Matador.

Upacara tersebut hanya berselang beberapa minggu setelah perilisan album ganda Julio Iglesias 1, di mana penyanyi dan penulis lagu tersebut merekam ulang lagu-lagu yang membuat namanya sebesar sekarang. Album ini hanya membutuhkan kurang lebih satu bulan untuk meraih status platinum di Brazil dan status diamond di Kolombia.

Hingga saat ini, Iglesias telah merilis tujuh puluh sembilan album dengan bahasa yang berbeda-beda. Total tujuh puluh sembilan album itu terdiri dari lima puluh delapan album studio, sembilan belas album kompilasi, dan dua album live. Ia pertama kali merilis album pada 1969 dengan Yo Canto.