Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dahlan Iskan Kenakan Topi Ala Mao Zedong
Oleh : sn
Sabtu | 24-12-2011 | 14:04 WIB

BOGOR, batamtoday - Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan tampak unik. Bersepatu kets, bercelana panjang hitam dan berkemeja putih, lalu Dahlan menambah penampilan dengan sebuah topi ala Mao Zedong.

Topi yang dipakai Dahlan, berwarna hijau. Di depannya ada sebuah lambang bintang merah yang terbuat dari besi. Topi itu mirip topi yang kerap dikenakan Mao Zedong, pendiri Republik Rakyat China.

"Saya beli ini di Vietnam," kata Dahlan saat berbincang dengan wartawan di atas KRL Commuter Line tujuan Bogor-Jakarta, Jum'at (23/12) malam. Dahlan baru saja pulang menghadiri rapat kerja pemerintah di Istana Bogor.

Topi itu dikenakan Dahlan saat menumpang ojek dari Istana Bogor menuju stasiun yang berjarak sekitar 300 meter. Di dalam KRL, topi itu terus diselipkan di lengannya. Barulah saat wartawan menanyakan perihal topi unik itu, ia mengenakannya kembali.

"Bagus tidak?" tanyanya kepada wartawan dan penumpang yang mengundang gelak tawa.

Namun, Dahlan hanya menjawab sekenanya saat ditanya apakah penampilan yang sederhana dan merakyat itu juga terinsiprasi ideologi sosialisme yang diajarkan Mao Zedong.

"Ah, (souvenir) Mao Zedong kan sekarang sudah menjadi barang dagangan," jawab mantan Dirut PLN itu.