Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Malaysia Bakal Terapkan Standarisasi Instalasi Listrik
Oleh : Redaksi/Mg
Sabtu | 24-12-2011 | 11:03 WIB
Chor.jpg Honda-Batam

Menteri Perumahan dan Pemerintahan Dalam Negeri, Datuk Seri Chor Chee Heung. Foto:KPKT/batamtoday

KUALA LUMPUR, batamtoday - Kementrian Perumahan dan Pemerintahan Dalam Negeri Malaysia (KPKT) dalam waktu dekat akan meneapkan standarisasi instalasi kabel listrik untuk semua proyek perumahan baru. Hal ini menyusul banyaknya keluhan terkait dengan pemasangan kabel pada perumahan baru yang dianggap memiliki mutu rendah.

Menteri Perumahan dan Pemerintahan Dalam Negeri, Datuk Seri Chor Chee Heung mengatakan, Sabtu(24/12/2011), langkah tersebut perlu diambil mengingat instalasi kabel listrik di perumahan sangat menunjang keamanan penghuninya. Karena itu, pihaknya akan membahas persoalan tersebut bersama dengan Lembaga Industri Pembangunan Malaysia (CIDB).

"Kita akan membincangkan persoalan ini dengan lembaga pemerintah lainya agar Standar Prosedur Operasi (SOP) dapat benar-benar terwujud," ungkapnya.

Menteri mengungkapkan, pihaknya selama ini cukup sulit untuk melakukan pengecekan terhadap mutu kabel yang digunakan di perumahan yang ada. Pasalnya, sebagian besar diantaranya sudah terlindung dengan struktur bangunan. Karena itu, langkah terbaik adalah dengan melakukan pengetatan terhadap SOP sebelum bangunan direalisasikan.

"Langkah terbaik adalah dengan mengatur standarisasi bahan yang digunakan. Paling tidak, masyarakat dapat lebih terjamin setelah semua bahan yang terpasang memiliki mutu yang baik," katanya.