Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BP Batam Siapkan Anggaran Rp 9 Miliar Bangun Kantor Pelabuhan Kemenhub
Oleh : Irwan Hirzal
Jum\'at | 19-01-2018 | 13:14 WIB
Dwianto_(1).jpg Honda-Batam

PKP Developer

Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha BP Batam, Dwianto Eko Winaryo. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam akan mengalokasikan anggaran Rp 9 miliar dalam pembangunan Kantor Pelabuhan (Kanpel) Kementerian Perhubungan RI.

"Kami sudah siapkan lahan untuk Kanpel, ada tiga alternatif lahan. Kita akan alokasikan angaran Rp 9 miliar," ujar Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha BP Batam, Dwianto Eko Winaryo, Jumat (19/1/2018).

Dwi mengatakan pembangunan akan segera dilakukan jika disetujui Kanpel Kemenhub soal lokasi yang mereka siapkan. "Kami akan bangunkan. Kalau setuju, kami akan mulai bangun tahun ini. Kebetulan saya yang berjanji ke Dirjen, agar memiliki kantor bersama Kanpel. Tapi tergantung mereka, mau bangun dimana," ujarnya.

Kepala Kanpel Kemenhub Batam, B?arlet Silalahi menjelaskan, dalam pembangunan kantor, BP Batam akan menyediakan tiga alternatif lahan yang akan digunakan. Namun demikian pihaknya ingin pembangunan dilakukan dekat kantor Kanpel BP. Agar para pengusaha dimudahkan dalam pengurusan dokumen.

"Kita harapkan yang dekat kantor Kanpel BP. Sehingga pengusaha mudah mengurus dokumen. Saat urus dokumen, tidak jauh dari Kanpel BP ke kita," ujar Berlet kemarin.

Harapan lokasi yang berdekatan itu tidak lepas dari keinginan dalam mendorong industri pelayaran lebih maksimal. Apalagi saat sistem pengurusan dokumen sudah melalui online.

"Pada intinya bagaimana upaya poros maritim tercapai. Ada prinsip yang kita jaga, agar industri pelayaran tetap jalan. Apalagi kita sudah sistem online," pungkasnya.

Editor: Yudha