Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lagi, Uang Hilang di X-Ray Terminal Ferry Batam Centre
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Selasa | 20-12-2011 | 16:39 WIB

BATAM, batamtoday - Kasus hilangnya barang atau uang di mesin pemindai (X-ray) di Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre kembali terjadi, kali ini peristiwa naas menimpa istri Ketua Kadin Kepri, Yohanes Kennedy.

Peristiwa itu terjadi pada Jumat (16/12/2011) sekitar pukul 21.00 WIB ketika baru datang dari Singapura, korban langsung meletakan tas miliknya ke mesin pemindai sesuai aturan yang berlaku. Namun saat korban memeriksa kembali, uang tunai 20 ribu dolar Amerika yang ada di dalam tas telah raib.

Spontan korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke petugas Bea Cukai (BC) yang bertugas jaga di alat pemindai tentang kehilangan uangnya. Laporan tersebut langsung diteruskan ke Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) yang jaga di Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre.

Laporan kehilangan uang lantas ditindak lanjuti petugas BC dengan memutar rekaman CCTv yang ditempatkan untuk mengawasi aktivitas di alat pemindai. Namun, setelah diputar dalam gambar rekaman tersebut  tak nampak adanya orang yang dicurigai mengambil uang tersebut.

"Memang benar, Jumat kemarin ada laporan yang menyatakan istri ketua Kadin Kepri uangnya hilang saat tasnya diperiksa di alat pemindai. Namun,semuanya langsung dihandel pihak Polresta Barelang. Tanya aja langsung ke Polresta," ujar Kabid Penindakan dan Pengawasan (P2) BC Batam, Kunto Prasti kepada wartawan, Selasa (20/12/2011).

Sementara itu, salah seorang petugas KKP Pelabuhan Internasional Batam Kota, Aiptu Nasri membenarkan adanya kejadian laporan kehilangan tersebut dan kasusnya telah dilimpahkan ke Polresta Barealang.

"Kemarin memang ada laporan itu. Beberapa Anggota Kanit Buser dari Polresta Barelang juga nampak turun di lokasi menindaklanjuti adanya laporan kehilangan uang. Tapi penanganannya langsung ditangani Polresta Barelang," ujar Nasri singkat.