Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelaku Pembuang Bayi Ini Mengaku Sengaja Taruh Foto Mereka Berdua dalam Koper
Oleh : Yosri Nofriadi
Rabu | 10-01-2018 | 19:02 WIB
orang-tua-pembuang-bayi.jpg Honda-Batam
Doni (22) dan Icin (21) pelaku pembuang bayi ke depan Panti Asuhan Hizbut Wathani (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polsek Batuaji bergerek cepat menangkap pelaku pembuangan bayi dalam koper yang ditemukan di pinggir jalan dekat Panti Asuhan Hizbut Wathani di Komplek Perum Villa Paradise Kelurahan Bukit Tempayan, Kecamatan Batuaji, Batam, Salasa (9/1/2018).

Keduanya adalah, Doni (22) dan Icin (21). Mereka dibekuk saat makan malam di salah satu warung di Marina, Tanjungriau, Kecamatan Sekupang, malam harinya sekitar pukul 23.00 Wib.

Penangkapan itu berdasarkan petunjuk foto yang ditemukan di dalam koper tempat bayi malang tersebut ditemukan.

Saat di Polsek Batuaji, pasangan itu mengaku nekat membuang bayi kerena mereka merasa malu melahirkan di luar nikah.

"Kami sudah pacaran selama tiga tahun, karena takut ketahuan keluarga, kami sepakat meletakkan di dekat Panti Asuhan supaya ada yang mengambil," ujar Doni ayah dari bayi yang dibuang tersebut.

Keduanya sudah pacaran selama tiga tahun. Icin bekerja sebagai oparator di salah satu perusahaan electronik di Mukakuning. Sementara Doni sedang mengangur. Selama ini mereka kos di Perumahan Puskopkar, Batuaji. Icin tinggal di Blok Blok A, sementara Doni ngekos di Blok C.

Bayi yang mereka buang itu diakui Icin, lahir Selasa (8/1/2018) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB di kosnya. Dia melahirkan seorang diri.

"Setelah lahir pagi harinya saya memanggil Doni, kami sepakat untuk membuangya," Ujar Icin ibu kandung yang membuang bayi tersebut.

Sebelum dibuang, bayi tersebut dimasukan ke dalam koper, mereka meletakan foto mereka berdua di dalam koper agar yang menemukan dan membesarkan anak mereka, kelak bisa memberi tahu ke anak tersebut bahwa merekalah orang tua bayi itu.

"Kami sengaja letakan foto kami berdua supaya yang membesarkan bayi kami bisa memberitahukan siapa orangtua kandungnya," ujar Doni dengan wajah penuh penyesalan.

Editor: Udin