Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Setelah Mendadak Viral 'Paspampres Ganteng' di Medsos, Ini Cerita Pratu Daniel Daryyan
Oleh : Redaksi
Jumat | 05-01-2018 | 19:15 WIB
paspampres-ganteng.jpg Honda-Batam
Prajurit Satu (Pratu) Daniel Darryan, anggota Paspampres Grup A yang tugasnya melekat langsung pada pengawalan Presiden Joko Widodo.(Tribunnews.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pada bulan November 2017 silam, tepatnya pada acara pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di Solo, netizen dibuat heboh. Gara-garanya bukan cuma pernikahan meriah putri Presiden Jokowi, tetapi juga seorang pria berbadan tegap yang katanya membuat netizen salah fokus saat melihat foto Jokowi yang dikawal.

Dia lah Prajurit Satu (Pratu) Daniel Darryan, anggota Grup A Paspampres. Saat ditemui, Kamis (4/1/2017) lalu di Mako Paspampres, Daniel pun bercerita soal kehebohan yang membuat namanya menjadi incaran netizen di mesin pencari Google.

Daniel mengaku awalnya dia tidak tahu bahwa foto-fotonya beredar dengan cepat di dunia maya. Dia baru mengetahuinya setelah ada yang mengabarkan soal kehebohan itu.

Alhasil, jumlah pengikutnya dalam akun Instagram @daniel_darryan12 langsung melonjak. Kini, jumlah pengikut akun Instagram Daniel mencapai 91.000 pengguna.

Dengan pengikut yang cukup banyak itu, Daniel pun kini menjadi sasaran para pengiklan.

"Iya, lumayan sudah ada sih sedikit (endorse produk)," kata pria keturunan Sunda ini malu-malu.

Daniel tidak menjelaskan secara rinci produk apa yang diiklankannya. Namun, dia memastikan bahwa kegiatannya di dunia maya jangan sampai mengganggu tugas utamanya sebagai anggota Paspampres.

Resiko jadi pacar tentara

Sejak bergabung menjadi anggota Paspampres pada tahun 2012 lalu, Daniel menyadari tugas Paspampres cukup berat. Namun, kebanggaan mengawal orang nomor satu dan dua di negeri ini tak tergantikan.

"Bangganya ya pasti bangga. Di daerah saya, setidaknya ada yang bisa jadi Paspampres," katanya.

Sejak kecil, Daniel mengaku sudah bercita-cita sebagai tentara. Oleh karena itu, meski sekarang mendadak terkenal, Daniel tak mau alih profesi. Apalagi, beralih menjadi artis.

"Enggak mau Mbak, karena niat saya jadi TNI. Itu cita-cita dari kecil dan lihat kakek lah," ucap pria yang mengaku ahli renang ini.

Meski bangga dan menyukai profesinya sebagai anggota Paspampres, Daniel mengakui dirinya juga kerap mendapat protes dari pacarnya. Pasalnya, waktu libur Paspampres tak tentu.

Soal ini, Daniel pun tak mau ambil pusing.

"Siapa suruh jadi pacar tentara, ya kan? Ya harus siaplah semuanya," ujar Daniel sambil tertawa.

Daniel mengatakan, mau tidak mau, resiko itu harus diterima. Tugas utama Paspampres memang menjaga Presiden dan harus selalu siap. Ia berharap keluarga maupun orang terdekatnya mau mengerti.

"Ya mau gimana lagi. Ya sudah mau terima apa enggak. Namanya juga tentara kan," kata Daniel.

"Yang penting setia," lanjut dia.

Sumber: Kompoas.com
Editor: Udin