Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kemendagri akan Selesaikan Proses Perekaman e-KTP di 2018
Oleh : Redaksi
Minggu | 31-12-2017 | 08:00 WIB
Tjahjo_Kumolo4.jpg Honda-Batam
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

BATAMTODAY.COM, Bantul - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berjanji akan berusaha semaksimal mungkin menyelesaikan proses perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) pada 2018.

"Kalau tugas teknis Kemendagri akan menyelesaikan semaksimal mungkin perekaman e-KTP," kata Tjahjo kepada wartawan setelah menghadiri resepsi pernikahan putri Mensesneg Pratikno di Jogja Expo Center (JEC), Sabtu (30/12/2017).

Menurutnya, perekaman e-KTP harus cepat diselesaikan karena berkaitan dengan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu Legislatif 2019. Sebab, e-KTP dijadikan salah satu syarat untuk menjadi peserta Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu.

"Karena sekarang pilkada sarat untuk Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 harus menggunakan e-KTP," ungkapnya.

Sebelumnya, Kemendagri juga telah menargetkan pemilih pemula agar segera melakukan perekaman e-KTP. Namun target yang dicanangkan pemerintah, kata Tjahjo, bisa terealisasi bila masyarakat proaktif.

"Tapi ini (perekaman e-KTP) akan sukses kalau masyarakatnya juga proaktif, ya mau merekam datanya," pungkasnya.

Sebagaimana berita sebelumnya, Kemendagri juga telah menginstruksikan Disdukcapil di daerah membuka layanan perekaman e-KTP pada Sabtu dan Minggu. Upaya ini dilakukan agar masyarakat yang belum merekam e-KTP segera mengurus.

Editor: Surya