Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BNPP Tanjungpinang Rutin Gelar Pelatihan Penanggulangan Kecelakaan Laut
Oleh : Roland Aritonang
Jum\'at | 29-12-2017 | 16:26 WIB
Kepala-BNPP-Tpi.gif Honda-Batam
Kepala kantor BNPP Kelas I A Tanjungpinang Budi Cahyadi. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Guna meminimalisir korban kecelakaan laut, Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (BNPP) Kelas I A Tanjungpinang memberi pelatihan penguatan penanggulangan kecelakaan laut kepada masyarakat yang berkecimpung di bidang pelayaran.

Kepala kantor BNPP Kelas I A Tanjungpinang Budi Cahyadi mengatakan pada tahun 2018 mendatang pihaknya akan menggelar pelatihan secara rutin supaya dapat menguatkan program tersebut dalam rangka untuk memberikan pendidikan penanganan kecelakaan laut.

"Dalam pelatihan ini kita akan berkerjasama dengan pihak swasta, untuk berkerjasama memberikan ilmu dan pemahaman tentang penanganan saat terjadi kecelakaan laut untuk melakukan pertolongan," ujar Budi saat ditemui di kantornya, Jumat (29/12/2017).

Dijelaskan, BNPP Tanjungpinang akan mengajak Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) untuk mengikuti kegiatan pelatihan dan pembinaan ini. Hal ini dikarenakan setiap terjadinya kecelakaan, para nelayanlah yang mendapatkan informasi dan menyaksikan kejadian kecelakaan terlebih dahulu.

"Kalau kita lihat biasanya yang melihat lebih dahulu mendapati peristiwa kecelakaan laut adalah nelayan. Jadi mereka sangat berperan penting dalam untuk mememberikan bantuan dan pertolongan," paparnya.

Dengan menjalankan program ini, BNPP menjadi terbantu oleh masyarakat, dikarenakan dengan pelatihan ini nelayan memiliki keahlian yang sama seperti BNPP. "Maka secara tidak langsung dapat membantu program BNPP dan misi pertolongan," ucapnya.

Maka dari itu, Budi mengimbau kepada masyarakat agar setiap terjadi kecelakaan laut untuk tidak ragu-ragu melaporkan kejadian itu ke BNPP Tanjungpinang dikarenakan pihaknya tidak memungut biaya.

"Dalam memberikan pertolongan kita tidak pungut biaya sepeser pun. Saya tekankan supaya tidak segan-segan memberikan informasi," harapnya.

Editor: Yudha