Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapal Kenavigasian Buatan PT Palindo Marine Shipyard Siap Beroperasi
Oleh : Yosri Nofriadi
Kamis | 28-12-2017 | 18:14 WIB
Kapal-kenavigasian1.gif Honda-Batam
PT Palindo Marine melepaskan lima kapal kenavigasian pesanan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). (Foto: Yosri)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Palindo Marine Batam meluncurkan lima kapal kenavigasian pesanan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kamis (28/12/2017).

Kelima kapal kenavigasian kelas satu itu adalah KN Yefyus, KN Edam, KN Miangas, KN Berhala dan KN Rupat.

KN Edam sudah diserahterimakan dan saat ini sudah berada di tempat tugasnya yakni di distrik navigasian kelas satu Tanjungpriok. Sementara KN Yefyus, Rupat, Berhala dan Miangas, baru diserah terimakan, Kamis (28/12/2017).

Acara serah terima dipimpin langsung oleh Dirjen Perhubungan Laut Agus H Purnomo yang didampingi Direktur Kenavigasian I Nyoman Sukayadnya beserta pejabat Direktorat Kenavigasian.

Dalam arahannya Agus mengatakan, semua kapal itu merupakan kapal kenavigasian yang canggih. Kapal tersebut nantinya akan dipangkalkan dan dioperasikan di Distrik kenavigasian yang berbeda-beda. KN Miangas akan ditempatkan di distrik kenavigasian Belitung, KN Miangas di Belawan, KN Berhala di Belawan dan KN Rupat di Dumai.

"Di sini total ada lima kapal, tapi satu (KN Edam) sudah duluan serah terima untuk di operasikan di Tanjungpriok. Empat kapal baru ini sudah bisa langsung dibawa untuk dioperasikan sebagai pengatur alur pelayaran di perairan Indonesia," ujar Agus.

Kelima kapal buatan PT Palindo Marine itu, diakui Agus dikerjakan dengan sangat baik. Spesifikasi kapal sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan sejak awal. "Sudah saya cek tadi dan memang hasilnya sangat memuaskan. Ini harus dipertahankan agar galangan lokal tak kalah bersaing dengan galangan luar," tutur Agus.

Kesemua kapal kenavigasian itu memiliki spesifikasi yang sama yakni, panjang 60 meter dan lebar 15 meter. Kapal tersebut dilengkapi dengan peralatan kenavigsian terbaru dengan mesin berkecepatan 15 knot. Keunggulan lain kapal ini memiliki kapasitas crane 30 ton.

"Kapal-kapal lama sebelumnya hanya 12 ton. Ini kapal baja yang mampu berlayar dengan kecepatan tinggi," ujar Agus.

Direktur Utama PT Palindo Marine Harmanto dalam arahannya menuturkan, hasil kerja yang maksimal sudah merupakan komitmen jajaran PT Palindo Marine untuk membuktikan bahwa PT Palindo Marine bisa dipercaya dan mampu bersaing di kanca internasional.

"Seperti yang bapak-bapak sudah cek sendiri, memang kualitas kapal yang kami utamakan. Kami selalu mempersembahkan yang terbaik untuk negeri ini," ujar Harmanto.

Editor: Yudha