Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bingung Tagihan Air ATB Melonjak Tinggi, Begini Cara Pengecekannya
Oleh : Suci Ramadhani
Kamis | 28-12-2017 | 16:26 WIB
ATB-Pelayanan11.gif Honda-Batam
Kantor Pelayanan Pelanggan ATB. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebagai konsumen air bersih ATB, pelanggan tentunya selalu diimbau untuk bisa menghemat penggunaan air bersih. Berhemat menggunakan air bersih tentunya akan semakin sedikit tagihan air yang akan dibayarkan pelanggan.

Namun apabila sudah dirasa cukup berhemat menggunakan air bersih setiap bulannya, tetapi tagihan yang dibebankan tiba-tiba melonjak signifikan dari tagihan biasanya, pelanggan pun akan bingung dan bertanya. Bahkan seolah-olah menyalahkan pihak ATB yang menaikan tarif tanpa pemberitahuan. Sebenarnya faktor apa yang menyebabkan tagihan jadi tinggi?.

"Tagihan tinggi bisa dipegaruhi oleh banyak faktor mulai dari penggunaan air yang meningkat, adanya kebocoran jaringan pipa dalam pelanggan hingga terjadi kerusakan pada meteran. Harus dipastikan dulu apa penyebab tagihan tersebut menjadi tinggi," ujar Enriqo Moreno, Corporate Communication Manager ATB Kamis (28/12).

Enriqo menambahkan, salah satu permasalahan yang sering muncul yang dikeluhkan pelanggan melalui layanan media sosial seperti facebook ATB adalah adanya kebocoran pada jaringan pelanggan yang tidak terdeteksi, sehingga tagihan jadi melonjak tinggi dari pemakaian normal.

"Pelanggan banyak yang tidak menyadari hal tersebut. Menyampaikan keluhan di facebook bahwa tagihannya melonjak tinggi dari bulan biasanya. Setelah di cek lebih detail, ada pipa di dalam rumah yang mengalami kebocoran sehingga tagihannya tetap dihitung sebagai konsumsi pelanggan. Dikenakannya biaya perbaikan terhadap pelanggan karena pipa setelah melewati meteran menjadi tanggung jawab pelanggan" jelas Enriqo.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebenarnya pelanggan dapat mendeteksi dengan cara sederhana agar mengetahui apabila terjadi kebocoran pada jaringan dalam pelanggan.

"Pelanggan cukup menutup semua kran yang ada di rumah saat meteran telah dibuka dengan penuh. Apabila meteran berputar maka dipastikan ada jaringan dalam yang mengalami kebocoran," ungkap Enriqo.

Apabila ada pelanggan yang mengalami kebocoran pada pipa jaringan dalam, bisa meminta bantuan kepada tim ATB untuk mencarikan titik lokasinya. Pelanggan bisa secara langsung menghubungi call centre ATB di no 0778-467111 atau kantor cabang pelayanan, seperti di kantor pelayanan Sukajadi, Batuaji, Tiban maupun Bengkong. Namun untuk biaya pekerjaan pembongkaran tetap dibebankan kepada pemilik rumah.

"Pelanggan yang memiliki permasalahan diatas dan bingung mencari titik lokasinya bisa mengunjungi atau menghubungi kantor pelayanan ATB. Tim ATB akan memproses laporan tersebut dengan mengirim petugas guna melakukan pengecekan secara langsung ke rumah pelanggan untuk dibantu mencari titik lokasi kebocoran," ucap Enriqo

Dengan kebiasaan berhemat penggunaan air bersih, pelangan diharapkan lebih teliti terkait hal-hal yang menjadi tanggung jawab pelanggan. Seperti kebocoran jaringan pelanggan atau jaringan pipa setelah melewati meteran. Selain meminimalkan pembayaran tagihan, dengan berhemat tentunya dapat menjaga ketahanan air baku di pulau Batam.

Editor: Yudha