Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Seluruh Pegawai Kemendagri dan BNPP Diberi Vaksin Difteri
Oleh : Irawan
Kamis | 28-12-2017 | 14:26 WIB
vaksin_difteri_kemendagri.gif Honda-Batam
Cegah terjangkit penyakit difetri, seluruh pegawai Kemendagri dan BNPP diberikan imuniisasi vaksin difteri

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pegawai Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mengikuti vaksinasi difteri. Vaksinasi dilakukan untuk mengantisipasi kejadian luar biasa difteri.

"Kegiatan ini dalam rangka pencegahan, atas arahan Pak Mendagri untuk antisipasi terhadap wabah difteri. Sebab, difteri ini kan sudah melanda 11 provinsi yang dinyatakan sebagai kejadian luar biasa," ujar Plt Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo di kantor Kemendagri, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (28/12/2017).

Meski telah melanda 10 provinsi, Hadi mengatakan, KLB difteri masih dapat dicegah dengan melakukan vaksin DPT. "Sehingga seluruh karyawan di lingkungan Kemendagri dan BNPP hari ini diadakan pencegahan dengan vaksinasi DPT, sedangkan nanti vaksinasi semacam ini juga akan dilakukan untuk praja IPDN setelah cuti liburan praja," kata Hadi.

Hadi mengatakan penyakit difteri dapat menyebar dengan mudah. Jika tidak segera ditangani, akan semakin berbahaya bagi penderitanya.

"Penyakit ini menyebar lewat batuk, bersin, dan lain-lain. Difteri menyebar lewat lendir tenggorokan yang biasanya ditandai dengan batuk, demam, dan biasanya tak dirasakan masyarakat. Dikira batuk biasa, namun ini bisa menyerang ke otak, dan itu bisa bahayakan kejiwaan," jelas Hadi.

Pemerintah , kata Hadi, akan terus melakukan pencegahan difteri dengan melakukan imunisasi. Vaksin untuk mencegah difteri diberikan secara gratis kepada masyarakat, di antaranya lewat puskesmas.

"Dari pemerintah sudah berikan vaksinasi yang KLB difteri. Kebijakan gratis kepada seluruh masyarakat untuk vaksin di puskesmas," katanya.

Editor: Surya