Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peresmian MPP Kota Batam Tetap Tunggu Presiden Jokowi
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 28-12-2017 | 09:02 WIB
MPP-Kota-Batam.jpg Honda-Batam
Mall Pelayanan Publik (MPP) di gedung Sumatera Promotion Centre (SPC) Batam (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hingga saat ini, Mall Pelayanan Publik (MPP) di gedung Sumatera Promotion Centre (SPC) Batam belum juga diresmikan. Meskipun beberapa kantor layanan sudah berjalan melayani masyarakat.

Terutama pada pelayanan Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Pemerintah Kota (Pemko) Batam, yang terkait dengan seluruh perizinan untuk investasi. Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengaku tetap menunggu Presiden RI, Joko Widodo, untuk peresmian MPP tersebut. Meskipun pelayanan sudah berjalan walau belum diresmikan.
?
"MPP belum, tapi tetap jalan operasionalnya, meskipun belum diresmikan. Mau kita tetap Presiden yang resmikan. Tapi belum ada kabar dan jawaban dari Presiden," ujar Rudi, Rabu (27/12/2017).

Sebelumnya, baik Pemko Batam dan BP Batam sudah melakukan uji coba pelayanan di MPP itu. Uji coba dilakukan terkait dengan kesiapan peralatan dan pelayanan di MPP. Seperti information center, mal pelayanan publik Kota Batam, pelayanan Pemko Batam, pelayanan BP Batam dan instansi lainnnya.

Di dalam gedung tersedia juga arena permainan untuk anak-anak. "Tapi nomor antrian belum ada ini. Nanti disiapkan. Pasang lagu Melayu juga, yang sayup-sayup, tapi lagu yang tenang. Jadi tidak mengganggu," kata Rudi.

Kepala BP Batam, Lukita? Dinarsyah Tuwo, mengaku bahwa uji coba dilakukan setelah peralatan BP Batam sebelumnya dipindahkan dan dipasang dari lantai 3 gedung SPC ke lantai 1. Saat uji coba, enam orang petugas melakukan pelayanan di meja dan melayani pemohon dengan sistem antrean.

Sementara pengunjung disediakan tempat duduk di beberapa tempat. ?Kepada petugas di pelayanan MMP konter BP Batam, Lukita mengingatkan agar melayani dengan baik. Petugas diminta proaktif menanyakan kepada pengunjung terkait keperluannya dan mengarahkan, sehingga pelayanan lebih cepat.

"Jangan lupa, petugas harus senyum ya, dalam melayani masyarakat," kata Lukita kepada seorang petugas.

Editor: Udin