Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lis-Syahrul Diberhentikan 16 Januari 2018

Nurdin Tekankan Plt Walikota Tanjungpinang Netral dan Bebas dari Politik Praktis
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 21-12-2017 | 18:15 WIB
Gubernur-Nurdin-Basirun1.gif Honda-Batam
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun (Foto: dok.batamtoday.com

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, mengaku hingga saat ini belum mengajukan tiga nama calon Plt Walikota Tanjungpinang pasca berakhirnya masa jabatan Wali Kota Lis Darmansyah dan Wakil Wali Kota, Syahrul.

Namun Nurdin telah mewanti-wanti agar siapapun nantinya yang akan menjadi Plt Wali Kota Tanjungpinang, harus netral dan tidak terlibat politik praktis pemilihan Wali Kota mendatang.

"Untuk nama belum dan secepatnya akan saya ajukan ke Mendagri. Tapi saya juga akan menekankan pada Plt Wali Kota nanti agar tidak ikut dan terjebak dalam politik Praktis dan meminta pada Plt Wako Tanjungpinang agar betul-betul netral," ujarnya di Tanjungpinang, Rabu (20/12/2017).

Tugas utama Plt Wali Kota Tanjungpinang nanti, tambah mantan Bupati Karimun ini, adalah melaksanakan administrasi pemerintahan serta pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota defenitif.

"Jadi harus netral dan tidak boleh memihak serta berpolitik praktis," ujarnya.

Sebelumnya, Sekda Kepri TS Arif Fadillah, mengaku telah melakukan verifikasi terhadap senioritas dan kepangkatan sejumlah pejabat eselon II di Pemerintah Provinsi Kepri untuk diajukan menjadi calon Plt Wali Kota Tanjungpinang ke Gubernur.

Namun Nurdin mengatakan, belum menerima sejumlah nama-nama tersebut dan secepatnya akan menanyakan serta mempersiapkan pejabat Plt Wali Kota tersebut.

"Secepatnya akan saya tentukan dan akan disamapaikan ke Mendagri," ujarnya.

Disinggung dengan dua pejabat senior Kepri, Syamsul Bahrum dan Raja Ariza yang sebelumnya digadang sebagai calon kuat yang akan ditetapkan menjadi Plt Wali Kota Tanjungpinang, Nurdin tidak menapik jika keduanya layak dan bagus jadi Plt Wali Kota Tanjungpinang tersebut.

Editor: Udin