Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jaring Atlet Sepak Bola dari Kalangan Buruh, Menakertrans Buka LPI
Oleh : Redaksi
Minggu | 17-12-2017 | 18:31 WIB
liga_pekerja3.jpg Honda-Batam
Mantan Menakertrans Muhaimin Iskandar tengah memegang Piala Liga Pekerja Indonesia, didampingi Menakertrans Hanif Dakhiri dan Mempora Imam Nahrawi

BATAMTODAY.COM, Sidoarjo - Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri membuka Liga Pekerja Indonesia (LPI), di Gelora Delta Sidoarjo.

Selain Hanif, pembukaan LPI juga dihadiri Menpora Imam Nahrawi dan inisiator LPI yang juga mantan Menakertrans Muhaimin Iskandar. Hanif mengatakan, selain untuk memperkuat iklim kerja yang kondusif di perusahaan, LPI juga untuk menjaring atlet sepakbola dari kalangan buruh.

"LPI diharapkan dapat meningkatan produktivitas kerja dengan pola hidup sehat melalui olah raga khususnya sepakbola dan memperkuat kebersamaan, persaudaraan, jiwa kebangsaan, alat pemersatu bangsa, memperkuat ke Bhinneka-an, serta meningkatkan ketahanan sosial khususnya bagi pekerja atau buruh," kata Hanif kepada wartawan usai pembukaan LPI, Minggu (17/12/2017).

Hanif menjelaskan, gelaran LPI sekaligus untuk menyambut Mayday 2018. Melalui pertandingan sepakbola, diharapkan peringatan hari buruh itu berlangsung lebih menyenangkan. Dengan begitu, Mayday tidak selalu identik dengan aksi unjuk rasa.

"LPI ini juga akan memberikan hiburan bagi masyarakat khususnya bagi pekerja atau buruh. Mampu menggerakkan ekonomi rakyat, selain juga untuk meningkatkan prestasi sepakbola Indonesia," ujarnya.

Menurut Hanif, LPI bukan hal baru di Indonesia. Liga serupa juga pernah digelar pada zaman orde baru. Saat itu disebut Liga Sepakbola Karyawan (Galakarya) yang pernah populer tahun 1970. Liga ini melahirkan talenta sepakbola sebagai kekuatan Timnas Indonesia kala itu.

"Kini di penghujung tahun 2017 atas prakarsa Kemenaker yang bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, PSSI dan APINDO kembali membudayakan sepakbola antar pekerja atau buruh melalui kompetisi bernama LPI ini," terangnya.

LPI akan digelar di tiap provinsi, diikuti maksimal 16 tim. Selanjutnya tim juara akan berlaga di 8 zona regional. Tim juara dari zona regional akan bertanding di babak 8 besar nasional. Berlanjut ke babak semi-final dan babak final di Jakarta.

Partai final akan digelar bertepatan dengan peringatan Mayday pada 1 Mei 2018 nanti. Liga ini memperebutkan piala bergilir Presiden. Uang pembinaan bakal diberikan kepada juara I-IV. Juga akan ada penghargaan untuk top scorer, best player dan best goalkeeper.

Editor: Surya