Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dirancang untuk Pusat Data Industri

Tahun Depan, BP Batam Bagun PDSI Standar Internasional
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 13-12-2017 | 10:51 WIB
IT-Center-BP-Batam.jpg Honda-Batam
Kepala PDSI BP Batam, Kolonel TNI Yudha Gunandi saat menjelaskan mengenai PDSI. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - BP Batam berencana mengembangkan Pusat Data dan Sistem Informasi (PDSI) yang ada saat ini menjadi standar internasional. Wacana ini digagas berlangsung mulai tahun depan.

Hal ini disampaikan Kepala PDSI BP Batam, Kolonel TNI Yudha Gunandi, sebagai jawaban untuk penyimpanan data bagi kalangan investor. Sebab, kata dia, sampai saat ini belum ada pihak swasta, khususnya investor yang menyimpan data di PDSI BP Batam.

"Dari 18 lembaga yang mempercayakan penyimpanan data di PDSI ini, belum ada pihak swasta atau investor. Untuk itu, tahun depan kita akan bangun PDSI standar internasional," jelas Yudha, Selasa (12/12/2017).

Ia mengatakan, para kalangan pengusaha atau investor yang ada di Batam masih menyimpan data di negara Singapura. Ini, lantaran PDSI yang ada saat ini belum mencapai skala internasional.

"Kita akan bangun PDSI standar internasional agar para investor bisa menyimpan data di kita," katanya.

Sementara itu, anggota Tim Pelaksana Dewan TIK Nasional (Wantiknas), Garuda Sugardo menyambut baik rencana pembangunan PDSI standar internasional itu. Bahkan, ia berharap PDSI milik BP Batam bisa menjadi pusat data di Indonesia.

"Kami sangat mendukung itu (pembangunan PDSI standar internasional)," ujarnya, singkat.

Editor: Gokli