Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Banjir Melanda, Separuh Ibu Kota Jakarta Sempat Lumpuh
Oleh : Redaksi
Selasa | 12-12-2017 | 08:50 WIB
jakarta-banjir.jpg Honda-Batam
Jalan Jenderal Gatot Subroto yang juga berubah laksana sungai, dengan mobil dan berbagai kendaraan berkutat untuk menembusnya (Sumber foto: BBC)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Hujan lebat yang mengguyur Jakarta Senin (11/12) mengakibatkan banjir di berbagai lokasi dan melumpuhkan separuh ibukota.

Sejak siang, langit Jakarta gelap disertai angin kencang, dan hujan turun dengan derasnya. Kemacetan terjadi di mana-mana, bahkan sebelum air menggenang dan menjadi banjir.

Para warganet berbagi kabar foto dan video, melalui cuitan yang sebagian ditujukan kepada akun Twitter Humas Polda Metro jaya, @TMCPoldaMetro, dan Badan Penanggulangan Bencana daerah Jakarta, @BPBJakarta.

Berbagai laporan terjadinya banjir dan kemacetan, serta gangguan lain seperti pohon tumbang di berbagaiu pelosok Jakarta, dilaporkan warga, dan dicuitkan ulang baik oleh BPBD Jakarta maupun Polda Metro Jakarta.

BPBD Jakarta melaporkan melalui akun mereka, bahwa tanggul sementara di Jatipadang jebo dan para petugas berusaha untuk menahan tanggul sementara secara 'manual.'

Banjir mulai dilaporkan selepas tengah hari, di berbagai sudut Jakarta, antara lain di Kemang, Kuningan, dan Sudirman.

Sebelumnya, tiga pekan lalu, curah hujan sangat ekstrem 383 mm/hari sejak hari Senin (27/11) sebagai dampak dari siklon tropis Cempaka menyebabkan banjir dan tanah longsor di beberapa kawasan di jawa Timur.

Hujan deras tiga pekan lalu itu diakibatkan siklon Cempaka, yang menewaskan setidaknya 19 orang di Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.

Sumber: BBC
Editor: Udin